Mualem Minta Atlet Aceh Berjuang Raih Prestasi di PON XX Papua

KBRN, Banda Aceh : Atlet - atlet Tanah Rencong dari 26 cabang olahraga mulai datang di Bumi Cenderawasih, siap bertanding, berlaga, bertarung dan berlomba untuk meraih prestasi mengangkat harkat dan martabat olahraga Aceh.

Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf  memberikan dorongan semangat dan motivasi langsung kepada atlet untuk berjuang meraih prestasi terbaik, medali emas di PON XX Papua, usai pelepasan Kontingen Aceh oleh Gubernur Nova Iriansyah di Anjong Mon Mata, Jumat (24/9/2021) malam.

Mualem menyebutkan, para atlet yang dipersiapkan melalui pemusatan latihan daerah (Pelatda) selama hampir dua tahun, sudah maksimal dan siap bertanding.

"Target kita meraih 14 medali emas dan bisa berada di peringkat 15, melebihi prestasi di PON XIX/2016 Jawa Barat yang meraih 8 medali emas, 7 perak dan 9 perunggu," katanya.

Untuk mencapai target, Mualem menyebutkan, Aceh akan berusaha maksimal meraih medali emas. "Berbagai upaya akan kita ditempuh secara sportif untuk meraih medali emas," ujarnya.

Kontingen Aceh berkekuatan sekitar 250 orang yang terdiri dari 127 atlet dari 26 cabor, selebihnya, pelatih, official dan panitia.

Para atlet, pelatih, ofisial, pendamping cabor dan panitia bertolak ke Papua beberapa bertahap mulai 22 September dan rombongan terakhir 8 Oktober. Sedangkan personel Kontingen Aceh dalam jumlah banyak akan terbang ke Papua, 3O September 2021.

Sudah di Timika dan Jayapura

Keberangkatan bertahap ini sesuai jadwal pertandingan masing-masing cabang olahraga dari PB PON. Ada cabor yang sudah memulai kompetisi dan pertandingan sebelum pembukaan multi event olahraga nasional empat tahunan di tanah air ini oleh Presiden Joko Widodo, 2 Oktober 2021.

Sementara itu, para atlet Aceh dari cabang Judo, panjat tebing, muaythai, dayung, sepakbola dan sepatu roda, pada Jumat (24/9/2021) sudah berada di Timika, Jayapura dan Kota Jayapura, fokus dan bersiap-siap untuk bertanding serta berlomba.

Pertama Lawan Sulawesi Utara

Sedangkan tim sepakbola Aceh yang berada di grup C bersama Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Bengkulu, akan melakoni laga pertama melawan Sulawesi Utara di lapangan Stadion Barnabas Yaouwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, 28 September 2021.

Berikut 127 atlet dari 26 cabang yang akan segera bertarung di PON Papua yaitu anggar (8 atlet), angkat besi, (2) binaraga (1), atletik (2), biliar (1), kempo (2), menembak (4), muaythai (8), panahan (8), panjat tebing (3), pencak silat (3), renang (2), sepak bola (20), taekwondo (2), tarung derajat (12) dan wushu (2 atlet), bermotor (4 atlet), dayung (8), layar (1), rugby (24), selam (1), senam (1), sepak takraw (2), sepatu roda (2), terjun payung (1) dan judo (3 atlet).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00