Gubernur Nova Minta Atlet Aceh Maksimalkan Potensi di PON XX Papua

KBRN, Banda Aceh : Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah meminta kepada seluruh atlet Aceh memaksimalkan potensi yang ada dalam diri untuk mendapatkan prestasi terbaik di PON XX Papua.

"Jagalah rasa percaya diri dan mental. Berjuanglah sekuat tenaga di medan laga untuk mendapat prestasi demi kejayaan, harkat dan martabat olahraga Aceh", ujar Gubernur Nova pada palepasan Kontingen Aceh ke PON XX Papua di Anjong Monmata, Jumat (24/9/2021) malam.

Nova yakin para atlet yang telah ditempa selama hampir dua tahun dalam pemusatan latihan daerah (Pelatda) yang dilaksanakan KONI Aceh mampu 'berperang' di medan laga untuk mengangkat harkat dan martabat olahraga Aceh.

"Jaga kesehatan dan istirahat yang cukup kalian, sehingga bisa bertanding maksimal untuk meraih prestasi terbaik," pintanya.

Gubernur Nova memaklumi KONI Aceh yang mematok target tinggi di PON Papua yakni meraih 14 medali dengan peringkat 15.

Target tersebut tentunya sudah melalui perhitungan dari program latihan selama hampir dua tahun dalam Pelatda dan prestasi yang diraih di berbagai kejuaraan nasional.

Katanya, target yang ingin dicapai di Papua tersebut tentunya bisa melewati prestasi terbaik yang diraih di PON XIX/2016 di Jawa Barat, yang meraih 8 medali emas, 7 perak dan 9 perunggu

. “Prestasi di Papua menjadi batu loncatan untuk PON XXI/2024 Aceh - Sumatera Utara,”demikian Nova Iriansyah. Sementara itu Wali Nanggroe Aceh, Tgk. Malik Mahmud Al Haytar turut memberikan dukungan moril kepada atlet Tanah Rencong yang akan berlaga di PON

. Ia menyebutkan, inilah saatnya bagi atlet membuktikan prestasi di PON yang akan menjadi kebanggaan bagi Aceh.

"Kita sangat mendukung pembinaan atlet yang dilaksanakan KONI Aceh selama ini untuk meraih prestasi di PON," katanya.

Malik Makmud mengatakan, dirinya juga akan datang langsung ke Papua, untuk turut memberikan semangat dan motivasi bagi atlet. "Semoga atlet Tanah Rencong bisa meraih sebanyak-banyaknya medali," ujarnya.

Sementara itu Pangdam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Achmad Marzuki memberikan arahan dan motivasi agar para atlet tetap jaga kesehatan dan mental yang kuat dan jangan kalah sebelum bertanding.

Sebelumnya Ketua Umum KONI Aceh H Muzakir Manaf atau Mualem menyebutkan, para atlet yang dipersiapkan melalui Pelatda selama hampir dua tahun sudah maksimal dan siap bertanding.

"Target kita meraih 14 medali emas dan bisa berada di peringkat 15, melebihi prestasi di PON XIX/2016 Jawa Barat," katanya. Mualem menjelaskan, Aceh akan berusaha maksimal meraih medali emas.

Berbagai upaya akan ditempuh secara sportif untuk meraih medali emas. Kontingen Aceh berkekuatan sekitar 250 orang yang terdiri dari 127 atlet dari 26 cabor, selebihnya, pelatih, official dan panitia.

Para atlet, pelatih, ofisial, pendamping cabor dan panitia bertolak ke Papua beberapa tahapan mulai 22 September dan rombongan terakhir 8 Oktober. Sedangkan personel Kontingen Aceh dalam jumlah ternyak akan terbang ke Papua, 3O September 2021.

Keberangkatan bertahap ini sesuai jadwal pertandingan masing-masing cabang olahraga dari PB PON. Multi event olahraga nasional empat tahunan di Indonesia ini akan dibuka Presiden Joko Widodo, 2 Oktober 2021.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00