Judo dan Panjat Tebing Cabor Perdana Bertolak ke PON Papua

KBRN, Banda Aceh :  Ketua Harian KONI Aceh, H Kamaruddin Abubakar atau Abu Razak melepaskan keberangkatan pertama atlet ke PON Papua dari cabang olahraga Judo dan Panjat Tebing di Sekretariat KONI Aceh, Banda Aceh, Selasa (21/9/2021).

Turut dalam pelepasan atlet dua cabang olahraga tersebut, Wakil Ketua Umum II Bidang Pembinaan Prestasi KONI Aceh/Ketua Pelatda, Drs Bachtiar Hasan, MPd, Sekretaris Umum, M Nasir SIP, MPA, Wakil Sekretaris, Dr Mansur dan sejumlah pengurus KONI Aceh.

Tim judo dan panjat tebing berangkat langsung ke Papua melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Rabu (22/9/2021). Judo akan memulai pertandingan 29 September hingga 3 Oktober, sedangkan panjat tebing mulai berlomba 27 September. Kedua cabang olahraga ini dipertandingkan di Timika, Papua.

Abu Razak mengingatkan kepada atlet untuk menjaga kesehatan dan kondisi tetap prima mulai dari keberangkatan hingga bertanding.

Ia meminta kepada atlet dapat menunjukkan kemampuan secara maksimal yang diperoleh dari pemusatan latihan daerah (Pelatda) yang dijalani selama ini dalam bertanding nanti. "Ikuti arahan pelatih dan selalu semangat," katanya.

Abu Razak menginginkan medali emas dari Judo dan panjat tebing. "Semoga para atlet tetap sehat dan siap bertanding, sehingga bisa meraih juara," ujarnya.

Judo Aceh berkekuatan tiga atlet yaitu Farah Alyazafa Wijayanto (kelas 45 kilogram), Ungkap Lubis (60 Kg), M Dimas Pratama (81 Kg). Didampingi dua pelatih yakni I Wayan Sutikno dan Bhudi Mulyadi.

Atlet judo bertekad meraih medali di Papua. "Tekad kami bisa meraih medali," kata tiga atlet judo Aceh tersebut.

Tim Panjat tebing berkekuatan tiga atlet dengan manejer, H Muhammad Saleh, SE, Saiful Azmi, S Hut, Fajri Ashari.

Atlet yaitu Adek Adriantos akan turun berlomba di nomor lead, boulder, combibed perorangan putra, speed clasik mix. Musawir nomor lead, boulder dan lead mix. Mega Lestari nomor speed WR, lead mix dan speed clasik mix.

"Atlet sudah menjalani latihan maksimal selama ini dalam pemusatan latihan daerah (Pelatda), target kita medali emas", ujar Muhammad Saleh.

Kontingen Aceh berangkat dalam beberapa tahap, mulai 22 September dan tahap akhir 8 Oktober. Keberangkatan atlet secara bertahap sesuai jadwal pertandingan masing - masing cabang olahraga.

PON XX Papua akan dibuka Presiden Joko Widodo, 2 Oktober. multi even olahraga nasional empat tahunan di tanah air ini akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021.

Pelepasan Kontingen Aceh akan dilakukan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Pendapa Gubernur, Anjong Monmata, Banda Aceh, 23 September.

Seluruh atau 127 atlet Aceh dari 26 cabang olahraga siap dan fokus untuk berlaga di Papua. Begitu juga seluruh personel yakni official, pendamping cabor dan panitia kontingen Aceh sudah siap menjalankan tugas. Kontingen Aceh berkekuatan sekitar 250 personel. (*).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00