Seratusan Master Online akan Ramaikan Online Chess Event Ihsanuddin 2021

KBRN, Banda Aceh : Para pecatur di kabupaten/kota di Aceh antusias sambut dan ambil bagian dalam turnamen catur online berlebel 'Online Chess Event Ihsanuddin 2021' yang akan digelar 15 Agustus 2021.

Dari data room team office (ruang daftar peserta) virtual, yang diperoleh wartawan Sabtu (31/7/2021) atau sehari dibukanya pendaftaran, sudah puluhan master online dari sejumlah kabupaten/kota yang mendaftarkan diri.

Gelaran event permulaan catur online H Ihsanuddin MZ, yang juga Ketua Umum Pengprov Percasi Aceh, periode 2021 - 2025 hasil pemilihan pada Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) di Kota Langsa, 24 Juni 2021, makin meramaikan kompetisi catur virtual yang kian marak, terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini.

Dipastikan, seratusan master online dari 23 kabupaten/kota menyusul mendaftarkan diri ambil bagian dalam event  selingan yang menjadi sarana hiburan dan latihan, sekaligus ajang salam kenal dengan para pecatur di seluruh Aceh, meski secara virtual ini.

Menurut seorang panitia/wasit IT, Dian Maulana WNP, S.IP,  para pecatur dan peminat permainan taktik 64 petak di papan virtual ini memang haus event, sehingga setiap ada turnamen online peserta membludak, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun, jarang ada kejuaraan 'catur darat'.

Dian menyebutkan, dalam setahun terakhir ini turnamen catur online cukup marak, setiap hari banyak dibuat event berdurasi 1 - 4 jam selesai yang bisa diakses di berbagai grup dan room komunitas catur baik lokal maupun nasional.

Hanya Terbuka se Aceh

Ia menjelaskan, Online Chess Event Ihsanuddin akan dilaksanakan, Minggu, 15 Agustus. Pertandingan catur kilat (blizt) 3 + 1 menit, sistim Swiss 11 babak dimulai pukul 21.30 WIB. "Event yang menggunakan platform Lichess ini berdurasi atau berlangsung sekitar 1,5 jam selesai," ujar Wasit Nasional Pratama (WNP) ini.

Ia memastikan para pecatur tangguh dan master-master online yang ada di seluruh kabupaten/kota di Aceh akan ambil bagian bertarung di event ini.

"Sudah menjadi kebiasaan menjelang tiga atau dua hari lagi turnamen dimulai, para calon peserta baru membludak mendaftar," kata Dian yang juga seorang jurnalis media online.

Sebutnya, pendaftaran peserta Online chess Event Ihsanuddin 2021, ditutup 13 Agustus, karena 14 Agustus dilakukan verifikasi keabsahan peserta yang telah mendaftar.

"Kita harapkan para pecatur dapat segera mendaftarkan diri dengan menulis nama lengkap, akun lichess, kabupaten/kota dan nomor HP/WA lalu kirim ke WA panitia 082339821496. Peserta yang telah mendaftar langsung diverifikasi, selanjutnya di masukkan dalam grup peserta dan join room team event (ruang pertandingan)," ujarnya.

Online Chess Event Ihsanuddin terbuka hanya untuk peserta atau pecatur di seluruh Aceh, akan memberikan hadiah kepada pemenang peringkat 1 hingga 15 dan doorprize untuk peringkat 75, 99, 122 dan 144.

Menurut Dian, catur online punya manfaat sebagai sarana latihan untuk menguji dan mengasah ketajaman langkah, taktik, tehnik dan strategi.

"Semoga Online Chess Event Ihsanuddin ini bisa ikut menambah jam tanding dan meningkatkan kemampuan para pecatur Aceh, sekaligus bisa menjadi ajang pemanasan menghadapi Pra PORA," katanya. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00