142 Pemain Ikuti Seleksi Timnas U-16 dan U-19 Regional Aceh dan Sumut

KBRN, Banda Aceh : 142 pemain mengikuti seleksi tim nasional (Timnas) usia 16 dan 19 tahun, regional Aceh dan Sumtera Utara yang digelar di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, 10 - 11 April 2021.

Sebanyak 142 pemain tersebut terdiri 53 pemain U-16 dan 89 pemain U-19 dengan rincian seleksi sesi pertama, pemain U-16 berlangsung pagi hingga siang Sabtu (10/4/2021) serta seleksi pemain U-19 dimulai petang hingga Minggu (11/4/2021).

“Proses seleksi dipantau langsung mantan kiper Timnas, Markus Horison untuk U-16 dan mantan pemain Timnas era-90-an Ruli Nere untuk pemain U-19,”kata Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Aceh, Nazir Adam SE MM kepada wartawan disela-sela memantau seleksi Sabtu (10/4/2021)

Menurutnya, PSSI Pusat mempercayakan Aceh sebagai tempat seleksi pemain Timnas U-16 dan U-19 regional Aceh-Sumatera Utara. "Ini seleksi pemain Timnas yang pertama di Aceh," katanya.

"Semula seleksi akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat. Setelah melihat jumlah pemain dari Aceh yang ingin mengikuti seleksi lebih dari 100 orang, kami minta kepada PSSI Pusat agar seleksi digelar di Aceh dan PSSI menyetujui permintaan kita," tuturnya.

Nazir Adam menyebutkan, peserta dari Aceh, pihaknya pihak meminta PSSI kabupaten kota dan klub anggota Asprov PSSI Aceh mengirim dan merekomendasi maksimal lima pemain terbaik untuk mengikuti seleksi.

“Proses seleksi yang dijalani para pemain dari Aceh dan Sumatera Utara ini ditangani langsung sepenuhnya oleh tim pelatih dari PSSI Pusat.

Sementara itu Markus Horison mengatakan seleksi digelar 16 tempat di seluruh Indonesia termasuk diantaranya di Aceh, Riau Kalimantan dan Maluku. Katanya, para pemain yang terpilih dari seleksi tingkat regional akan diikutisertakan ke seleksi tingkat nasional.

“Mereka yang lolos seleksi tingkat regional semuanya akan diikutsertakan ke seleksi tingkat nasional dan akan dipilih 30 pemain yang akan menjadi pemain kerangka Timnas,”tuturnya.

Markus Horison menambahkan, seleksi pemain U-16 ini untuk persiapan Timnas menghadapi kejuaraan Piala AFF, Agustus mendatang di Indonesia serta Piala Dunia. Sedangkan U-19 untuk Piala Dunia dan Piala Asia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00