Resep Membuat Boh Rom-Rom, Kue Khas Aceh di Bulan Ramadhan

foto : Bandaacehtourism

KBRN, Banda Aceh : Kue yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Aceh.

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat warga Aceh menyukai kudapan khas Serambi Mekkah ini. Orang Aceh menyebut kue ini dengan nama boh rom-rom, adapun kue ini bentuknya seperti klepon yang dijual di pasar.

Boh rom-rom kerap menjadi sajian buka puasa saat Ramadan di Aceh, tak hanya itu kue yang lumer di mulut ini juga kerap menjadi sajian saat ada hajatan atau saat waktu bersantai.

Bagi kamu yang ingin membuat kue ini di rumah, caranya gampang dan bahannya mudah didapat. Berikut ini resep membuat kue boh rom-rom, klepon khas Aceh yang nikmat.

Untuk membuat kudapan ini, setidaknya kamu harus siapkan beberapa bahan berikut ini.

250 gram tepung ketan

Separuh buah kelapa yang sudah diparut dan dikukus bersama garam secukupnya

Pasta pandan secukupnya

Air untuk merebus boh rom-rom

Air dingin secukupnya

Air panas secukupnya

2 lembar daun pandan

2. Bahan untuk isi di dalam kue boh rom-rom

Adapun kue ini tidak seperti kue bohong yang tidak memiliki isi di dalamnya. Kue boh rom-rom berbentuk bulat dan  memiliki isi yang membuat kue ini lezat untuk dinikmati. Isi kue boh rom-rom adalah gula merah. Adapun dalam resep ini, siapkan 250 gram gula merah, lalu iris halus untuk kemudian menjadi  isi di dalam kue.

3. Cara membuatnya

Rebus air dan masukkan daun pandan hingga mendidih. Sembari menunggu rebusan air, siapkan tepung beras ketan, lalu campurkan dengan air panas. Aduk tepung dan air panas tersebut, setelah itu tambahkan air dingin kemudian aduk lagi hingga adonan bisa dibulatkan seperti bola-bola kecil. Usahakan adonan tidak terlalu lembek, sehingga buatlah adonan tetap keras dan kenyal. Setelah adonan tidak lagi kalis atau lengket, campurkan pasta pandan ke adonan lalu aduk kembali hingga tercampur rata.

Usai adonan jadi, saatnya membulatkan adonan kecil-kecil seperti bentuk onde-onde. Bulatkan satu per satu adonan lalu bulatkan tengahnya, lalu taruh irisan gula merah di dalamnya sebagai isi. Setelah itu tutup adonan tersebut, pastikan gula merah yang kamu isi ke dalam adonan tidak bocor ya.

Langkah selanjutnya, masukkan adonan yang sudah kamu bulatkan ke dalam air daun pandan yang telah mendidih. Ulangi lagi proses membulatkan adonan hingga adonan habis ya.

Apabila adonan boh rom-rom sudah mengapung di permukaan air mendidih, maka itu tandanya adonan sudah matang. Angkat dan tiriskan adonan tersebut ya. Gulingkan adonan yang sudah matang dengan kelapa parut yang sudah dikukus hingga adonan tertutupi kelapa.

4. Penyajian

Setelah adonan boh rom-rom sudah tertutupi kelapa, ini artinya kue sudah jadi dan siap disantap. Tata satu persatu boh rom-rom di atas piring dengan rapi. Jangan lupa sediakan minuman favoritmu sebagai teman menyantap kudapan khas Aceh yang satu ini. Santap kue ini ketika sudah dingin ya, saat memakan kue ini, maka gula merah yang menjadi isi di dalam kue akan terasa lumer di mulut. Selamat mencoba! (IDNtimes)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar