Hati-hati! Tim Cyber Pantau Konten Negatif di Sosmed

Foto : Ist

KBRN, Banda Aceh : Tim Cyber Polda Aceh melakukan patroli di dunia maya untuk memantau akun-akun media sosial yang memuat konten negatif. 

Hal tersebut dikatakan Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy saat melakukan kunjungan sekaligus audiensi dengan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Kominfo) Aceh, di Kota Banda Aceh, Rabu (3/3/2021). 

"Polda Aceh gencar melakukan patroli Cyber di dunia maya untuk melaksanakan Maping akun-akun yang mengandung konten negatif," ujarnya. 

Winardy menyebutkan, saat ini Kapolri memiliki kebijakan terkait Virtual Police, di mana Kepolisisan lebih mengutamakan edukasi dan pencegahan kepada masyarakat. 

"Kita akan Maping akun-akun yang negatif. Nantinya akun tersebut akan kita DM dan warning sampai tiga kali untuk ditarik. Apabila tidak diindahkan, maka baru kita lakukan penindakan," kata Winardy. 

Dalam kunjungan tersebut, pihaknya melakukan sharing berkaitan dengan kerjasama informasi antara Polda Aceh dengan Kominfo Aceh. Oleh karena itu, Winardy mengharapkan kerjasama dari Kominfo untuk berkolaborasi serta membahas katagori atau hal-hal terkait komunikasi dan pemberitaan yang mengandung unsur negatif mau pun pidana. 

"Kalau pun selama ini terdapat kendala, mari kita jadikan hambatan tersebut sebagai jembatan untuk membangun komunikasi dua arah yang lebih baik. Nanti kita juga akan melibatkan Dewan Pakar untuk sama-sama duduk dan menyepakati akan postingan dan konten yang masuk ke ranah ITE atau pun pidana," papar Winardy. 

"Intinya, mari kita bersama-sama untuk mengedukasi masyarakat agar memahami dan lebih bijak dalam menerima maupun membagikan suatu konten dan informasi," tambahnya. 

Sementara itu, Kadis Kominfo Marwan Nusuf mengatakan, upaya-upaya yang selama ini sudah dilakukan Kominfo untuk mengedukasi masyarakat dan melakukan pencegahan terhadap pemberitaan negatif di Medsos. 

Marwan berharap, ke depan setiap ada pemberitaan atau siaran pers yang dikeluarkan oleh Polda Aceh bisa dikirimkan ke Kominfo untuk diamplifikasi ke info publik agar informasi kepolisisan bisa tersampaikan kepada masyarakat secara maksimal. 

"Kami sangat berterimakasih atas kehadiran Kabid Humas yang sudah bersedia ke Kominfo. Semoga ke depan kerjasama ini akan terus berlanjut untuk sama-sama mengedukasi masyarakat terkait informasi publikasi," kata Marwan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00