IDI Aceh : Masyarakat Jangan Mudah Percaya Berita Hoaks tentang Covid-19

KBRN, Banda Aceh : Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh mengeluarkan surat imbauan kepada masyarakat sehubungan dengan meningkatnya jumlah kasus positif, angka rawatan, serta angka kematian akibat Covid-19 di Provinsi Aceh, Jumat (27/8/2021).

Dalam surat dengan Nomor: 16/IDIACEH/VIII/2021 dan ditandatangani oleh Ketua IDI Aceh Dr. dr. Safrizal Rahman, M.Kes., Sp.OT tersebut tertuang beberapa imbauan yang bertujuan untuk mencegah dan menekan laju penyebaran Covid-19 di Bumi Serambi Mekkah ini.

Dalam imbauan tersebut, IDI Aceh menghimbau agar masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita sesat atau hoaks seputar Covid-19 yang banyak beredar di media sosial atau WhatsApp grup.

“Sebaiknya masyarakat melakukan cek dan ricek kebenaran berita yang diterima serta selalu mengupdate informasi yang shahih dan benar dari sumber terpercaya atau bisa bertanya langsung kepada tenaga kesehatan di pusat pelayanan kesehatan,” imbau IDI Aceh dalam surat resminya.

IDI Aceh juga mengajak masyarakat bersikap jujur jika mengalami gangguan kesehatan dan segera melaporkan ke fasilitas kesehatan serta tidak perlu takut berobat ke pusat layanan kesehatan bila mengalami berbagai gejala berupa demam, nyeri menelan, batuk pilek, sesak nafas, kehilangan penciuman atau pun rasa, keluhan saluran cerna berupa muntah, mencret, dan berbagai keluhan lainnya.

Bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif dan menjalani isolasi mandiri, harap melakukan proses isolasi mandiri tersebut sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Bila mengalami gejala memberat, supaya segera menghubungi petugas kesehatan.

Masyarakat juga diminta supaya tidak mengucilkan anggota masyarakat lain yang sedang terkonfirmasi positif dan lebih baik memberikan dukungan baik materil maupun moril kepada mereka.

Selanjutnya, IDI Aceh mengimbau masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap di tempat pelaksanaan vaksinasi. Karena vaksin merupakan salah satu ikhtiar dalam melindungi diri, keluarga dan sesama.

Selain itu, dalam imbauan tersebut IDI Aceh juga mengajak masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan meningkatkan imun tubuh.

“Semoga imbauan tersebut dapat menjadi pedoman bagi masyarakat Aceh khususnya, agar tetap sehat di masa pandemi ini,” tulis IDI Aceh di akhir Imbauannya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar