[Cek Fakta] Labu Kuning Sembuhkan Covid-19

KBRN, Banda Aceh : Beredar sebuah informasi yang menyatakan jika labu kuning kukus dapat menyembuhkan orang dari penyakit akibat Covid-19. 

Informasi tersebut melalui media sosial Whatsapp grup yang juga mengatakan bahwa memakan ini juga mencakup kisah-kisah dari orang lain yang sembuh dari Covid-19, 3-4 hari, 3-4 hari makan labu kuning kukus ini.

Namun berdasarkan penulusuran dari berbagai sumber menyatakan bahwa informasi tersebut belum terbukti dalam uji klinis yang ada.

Guru Besar Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt menyatakan bahwa belum ada hasil terhadap labu kuning yang hangat bisa menyembuhkan penderita Covid-19.

“Belum ada hasil penelitiannya,” kata Zullies, melansir dari Turnbackhoax.id, Rabu (11/8/2021).

Zullies menyatakan, labu kuning memang mengandung antioksidan dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, manfaat tersebut tidak dikhususkan untuk mengobati penderita Covid-19.

Menurut penelitian labu kuning memang memiliki manfaat untuk kesehatan. Sejumlah manfaat yang bisa didapatkan seperti, menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, menekan risiko terkena kanker, menjaga kesehatan mata, memelihara kesehatan jantung, menjaga kesehatan dan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga kesehatan kulit.

Zullies juga menambahkan bahwa orang yang diketahui menjadi negatif Covid-19 pada hari ke 3 atau ke 4 setelah mengonsumsi labu kuning, hal tersebut bisa jadi adalah suatu kebetulan. Belum ada hasil penelitian pasti tentang hal ini.

Kesimpulan

Maka dapat dikatakan bahwa informasi yang menyatakan bahwa mengonsumsi labu kuning hangat/kukus dapat menyembuhkan Covid-19 adalah kategori hoax yang menyesatkan konten atau konten menyesatkan.

Faktanya, hal tersebut belum terbukti secara klinis. Manfaat labu kuning memang sudah diakui di dunia kesehatan, namun manfaat spesifik sebagai obat Covid-19 belum dapat dibuktikan.(vinta/kbrn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar