[Cek Fakta] Shopee Bagikan Cashback Rp 2 Juta

KBRN, Banda Aceh : Beredar pesan melalui WhatsApp yang mengatasnamakan Shopee terkait pemberian cashback kepada penggunanya senilai Rp2 juta. 

Voucher tersebut dapat diklaim dengan cara mengklik link yang dikirimkan oleh pihak yang mengaku sebagai pegawai resmi Shopee.

Berikut narasi lengkapnya; 

“Kaka mendapatkan cashback dari Shopee senilai Rp2.000.000 kaka Mau di uangkan atau mau di ShopeePay aja kak? Silahkan kak ambil claimcashback nya https://wp[dot]me/pd0psf-z”

Mengutip Cek Fakta, Selasa (4/5/2021), berdasarkan hasil penelusuran atas pesan tersebut, informasi mengenai pemberian cashback dari Shopee senilai Rp2 juta adalah informasi palsu.

Namun, telah ada korban atas penipuan tersebut. Sebab korban disyaratkan untuk mengaktifkan fitur Shopee Pinjaman atau SPinjaman serta diharuskan pula untuk mengirimkan nomor kartu ATM agar dapat mencairkan cashback senilai Rp2 juta. 

Tidak hanya itu, salah satu korban lain atas penipuan yang mengatasnamakan Shopee menyatakan bahwa korban diharuskan untuk mengirimkan nomor OTP kepada pelaku penipuan sebagai syarat untuk dapat mencairkan cashback yang diberikan kepada korban sebelumnya.

Melansir channel youtube resmi SHOPEE Indonesia, melalui salah satu video yang diunggah Shopee dalam channel youtube nya tersebut, pihak Shopee mengimbau kepada para pengguna untuk berhati-hati terhadap penipuan yang dilakukan melalui telepon, pesan singkat (sms), Direct Message (DM) Instagram, sebuah Link website, ataupun pesan WhatsApp dengan mengatasnamakan Shopee.

Melalui video tersebut, pihak Shopee mengingatkan kepada para pengguna bahwa berbagai informasi resmi terkait Shopee hanya diinformasikan melalui website resmi serta media sosial resmi Shopee yang telah terferivikasi.

Shopee juga mengimbau kembali kepada para pengguna untuk tidak memberitahukan kode OTP, Password, ataupun PIN Shopee kepada siapapun.(Hana P/KBRN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00