Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir di Pidie

KBRN, Sigli : Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menyalurkan bantuan masa panik untuk masyarakat terdampak musibah banjir di Kabupaten Pidie, Selasa (19/1/2021).

Bantuan berupa sandang pangan tersebut diantarkan oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Aceh Devi Riansyah, A.Ks, M.Si didampingi Kabid Linjamsos Sya’baniar, dan Kasi PSKBA Yanyan Rahmat yang diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud di halaman Kantor Bupati Pidie.

Usai menerima bantuan dari Pemerintah Aceh secara simbolis, Wabup Fadlullah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, yang telah menyalurkan bantuan dalam kesempatan pertama kepada pihaknya, untuk disalurkan ke masyarakat korban banjir.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman di Provinsi Aceh yang telah menyalurkan bantuan ke Pidie yang begitu cepat,” katanya.

Menurut Fadhlullah, banjir yang merendam lima kecamatan di Pidie disebabkan oleh luapan air sungai yang merendam setidaknya 2.400 unit rumah warga yang tersebar di lima kecamatan yang berbeda.

Ada sebagian masih tergenang oleh banjir, tapi sebagian lainnya sudah mulai mengering. “Kita kemarin mengalami hal yang tidak biasa yaitu luapan air yang begitu meluas hngga merendam 2.400 rumah warga yang tersebar di lima kecamatan,” katanya.

Adapun bantuan ini nantinya akan langsung disalurkan oleh Dinas Sosial Pidie ke masyarakat yang terdampak banjir.

“Bantuan ini akan kita serahkan segera dan hari ini harus sampai ke sasaran. Nanti Kadis Sosial (Pidie) akan menyerahkan langsung, tinggal nanti dicari titik dimana akan disalurkan,” kata Fadhlullah.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Sosial Aceh, Devi Riansyah mengatakan bantuan ini adalah amanah Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT kepada Pemerintahan Kabupaten Pidie melalui Dinas Sosial Aceh, sebagai wujud dari tanggungjawab bersama saat ada masyatakat di Aceh yang terdampak bencana.

“Yang pertama ingin kami sampaikan adalah, bantuan ini adalah amanah Pak Gubernur Aceh kepada Pemerintah Kabupaten Pidie melalui Dinas Sosial Aceh yang merupakan tanggungjawab kita bersama kepada masyarakat korban bencana,” katanya.

Menurut Devi Riansyah, Gubernur Aceh mengharapkan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana banjir.

Begitupun bila kondisi air tak kunjung surut maka Pemerintah Aceh akan mengupayakan untuk memberikan bantuan-bantuan selanjutnya, karena ini merupakan tanggungjawab bersama baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Pidie.

“Pak Gubernur menyampaikan salam Kepada Pak Bupati, Wakil Bupati, Pak Sekda dan masyarakat Pidie. Mohon maaf beliau tidak bisa hadir dan mewakilkannya kepada Dinas Sosial Aceh,” ujar Devi.

Usai menyerahkan bantuan, rombongan Plt Kepala Dinas Sosial Aceh didampingi Kadinsos Pidie Muslim Yusuf meninjau lokasi dapur umum di Gampong Beuah, Kecamatan Delima, dan lokasi banjir di Gampong Tibang, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie.

Untuk diketahui, banjir yang terjadi akibat luapan air sungai sejak Senin 18 Januari 2021 tersebut telah merendam 2.400 rumah warga yang tersebar di lima kecamatan dalam wilayah Pidie, yaitu Kecamatan Delima, Padang Tiji, Mila, Pidie, dan Gelumpang Baroe.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Sekda Pidie Idhami, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Sosial Pidie, Drs Muslim Yusuf, dan Kabag Humas Mulyadi Nurdin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00