Kadisdik Aceh Optimis SMK Mampu Kuasai Pasar Domistik

KBRN, Sabang: Kepala Dinas Pendidikan Aceh Rachmad Fitri HD, MPA optimis Sekolah Menengah Kejuruan mampu menguasai pasar domistik, minimal untuk kebutuhan dunia pendidikan.

Pernyataan tersebut diutarakan Rachmad Fitri, saat melakukan penijauan bazar Expo pengembangan produk kreatif kewirausahaan SMKN 1 Sabang Sabtu, 05 Desember 2020.

Dikatakan, bila mana unit produksi SMK se- Indonesia sudah mulai bergerak dan serius dalam mengembangkan produktifitasnya, pasar domistik akan lebih mudah dikuasai.

“Ini kita sangat bangga, karena memang anak- anak kita bisa dan luar biasa produknya. Bisa kita saksikan sendiri hari ini. Jadi nanti kalau unit produksi SMK semua bergerak, maka InshaAllah pasar- pasar domestim itu bisa kita kuasai. Minimal untuk kebutuhan pendidikan,” tegas Rachmad Fitri, Sabtu (05/12/20).

Tambah Rachmad, guna menarik minat generasi muda untuk memilih SMK sebagai sekolah lanjutan atas, tentu membutuhkan kegigihan yang perlu ditingkatkan dari pihak sekolah, dalam mencetak lulusan yang berkualitas.

“Kita kualitas itu yang harus diutamakan. Jadi kalau kisal di kwantitas, kita melihat nanti dari upaya anak- anak kita yang sudah go ke industri kerja, itu lah yang akan dilihat langsung bahwasanya untuk SMK bisa diterima di mana- nama. Jadi kita orientasinya bagai mana serapan anak- anak kita itu, lebih banyak di Industri dan tenaga kerja,” tadasnya.

Lebih lanjut dikatakan Kadisdik Aceh, selain mampu dan siap berwirausaha pasca sekolah, lulusan SMK juga dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bahkan tidak sedikit lulusan terbaik SMK khusunya di Sabang dan Aceh, mendapatkan bea siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia. RA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00