Sektor Wisata di Aceh Terpuruk, Tidak Ada Kunjungan Wisman Selama Pandemi

Jumlah kunjungan wisatawan manca negara ke Aceh sepi selama pandemi covid-19.

KBRN, Banda Aceh : Sektor Pariwisata di provinsi Aceh sangat terpukul setelah terkena dampak parah akibat pandemi COVID-19. Sejak bulan Mei hingga akhir tahun 2020, sama sekali tidak ada turis asing yang melancong daerah berjuluk Tanah Rencong ini.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh menurun drastis terutama wisatawan asing.

Kepala BPS Aceh Ihsanurijal di Banda Aceh, Senin (30/11/2020) mengatakan, jumlah kunjungan wisman ke Aceh yaitu nol atau mengalami penurunan sebesar 100 persen.

Dia menyebutkan, sejak pertengahan tahun hingga akhir tahun, tidak ada penerbangan luar negeri di bandara Sultan Iskandar Muda Aceh dikarenakan adanya kebijakan penghentian penerbangan dari dan ke luar negeri akibat pandemi virus Corona, inilah yang menyebabkan tidak ada kunjungan wisman ke daerah berjuluk tanah rencong ini.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyatakan, Kota Banda Aceh kembali membuka objek wisata yang sebelumnya ditutup total akibat pandemi virus corona.

Alasannya, karena ingin menghidupkan kembali ekonomi warga yang selama ini merosot akibat terkena dampak pandemi, terutama bagi pelaku wisata.

Anda juga bisa mendengarkan audio di bawah ini :  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00