HPI Sabang Minta Pemerintah Perhatikan Pihaknya Yang Terdampak Covid-19

KBRN, Sabang: Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Sabang meminta Pemerintah Daerah memperhatiakan pelaku wisata Sabang yang terdampak Covid-19.

Harapan tersebut diutarakan perwakilan pelaku usaha wisata Sabang, mulai dari Organisasi Angkutan Darat, Persatuan Homestay Sabang, Persatuan Guide Snorkling Sabang, dan perwakilan restoran Kota Sabang dalam pertemuan yang dilakukan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Senin kemarin.

Plt. Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Sabang Irwan Mahdi mengatakan, ada beberapa poin yang diutarakan oleh para pelaku wisata Sabang dalam pertemuan bersama Kepala Dinas dan Para Kabid di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang itu.

“Kita Meminta Disparbud Kota Sabang dapat mendata siapa saja pelaku wisata yang terdampak covid 19, selain itu kita juga Memohon masukan dari Pemerintah Kota, kira- kira apa yang harus dilakukan para pelaku wisata dalam kondisi ini. Terus apa saja bantuan/subsidi yang bisa diberikan pada para pelaku wisata di masa pendemik ini,” sebut Irwan, Selasa (19/05/20).

Selain itu pihaknya juga sempat bertanya kapan Sabang akan dibuka kembali seperti sedia kala. Menurut Irwan, kondisi sekarang ini merupakan kondisi tersulit bagi pelaku wisata, terlebih bagi pihaknya yang masih mempunyai urusan dengan perbangkan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Faisal, S.T., M.TP, membenarkan adanya pertemuan dimaksud. Dia mengatakan, melihat kondisi ini tentunya Pemerintah melalui Disparbud tidak tinggal diam. Untuk itu pihaknya akan melakukan beberapa langkah guna meringankan beban para pelaku wisata dimaksud.

“Kita akan mengumpulkan data seluruh pelaku pariwisata yang terdampak COVID-19 melalui organisasi pariwisata masing-masing. Kita juga akan membuat surat kesepakatan bersama hasil rapat kemarin, untuk ditunjukan kepada pimpinan daerah agar mendapat perhatian secepatnya,” terang Faisal.

Untuk itu kata Faisal, pihak dinas pariwisata akan menjadwalkan pertemuan dengan pimpinan daerah dalam 1-2 hari kedepan, guna mendapatkan jawaban dari Pimpinan daerah dalam hal ini Walikota, terhadap harapan para pelaku wisata di Kota Sabang di masa pandemik ini. RA

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00