Lagi, Pemko Banda Aceh Gelar Pasar Murah Online

KBRN, Banda Aceh : Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman kembali mengambil kebijakan menggelar pasar murah online. Hal ini diumumkan Aminullah, Sabtu (16/5/2020) di Kantor Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, Jl Soekarno-Hatta.

Kata Wali Kota, pasar murah online yang diadakan lagi oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan ini merupakan pasar murah online tahap III yang digelar Pemko Banda Aceh selama pandemi Covid-19 melanda. “Tahap I dulu kita sediakan 4.000 kupon, tahap II ada 3.000 kupon.

Untuk tahap III ini kita sediakan 3.000 kupon lagi. Total seluruhnya pasar murah online Pemko sediakan 10.000 kupon,” ungkap Aminullah. Selain itu, Wali Kota juga mengungkapkan ada tambahan 1.500 paket dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Aceh.

Jika digabungkan semuanya dengan pasar murah tahap III, maka ada 4.500 paket yang bisa ditebus warga. Lanjut Wali Kota, bahan pokok yang disediakan di pasar murah online terdiri dari 5 Kg beras, 2 Kg gula, 2 liter minyak goreng, 1 Kg tepung terigu dan 1 pack telur ayam (10 butir).

“Semua item barang pokok tersebut sudah kita subsidi Rp 50.000. Jadi masyarakat bisa menebus harga barang pokok di pasar murah online yang nilainya Rp 150.000 hanya dengan uang Rp 100.000 saja. Beli Rp 150.000 bayar Rp 100.000,” ungkap Aminullah.

Wali Kota berharap dengan pasar murah online ini dapat membantu meringankan warga mendapatkan bahan pokok dengan harga murah, terutama untuk memenuhi kebutuhan keluarga di tengah wabah Covid-19 dan sedang menjalani ibadah puasa Ramadan serta kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, Wali Kota berharap dengan pasar murah online tersebut dapat menstabilkan harga barang pokok di Kota Gemilang, terutama harga gula pasir yang sempat melambung hingga Rp 21.000 per kg beberapa waktu lalu. Kepada warga yang ingin mendapatkan barang pokok di pasar murah online,

Aminullah mengatakan mulai hari Senin nanti sudah boleh mendaftar di link yang telah disediakan pihak Diskop, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh. “Caranya sangat mudah, tinggal klik link yang telah disedikan, kemudian isi identitas sesuai yang diminta di aplikasi,” kata Wali Kota.

Sementara itu, Kadiskop UKM dan Perdagangan Kota, Muhammad Nurdin menambahkan pendaftaftaran mulai dibuka hari Senin, 18 Mei 2020 dan pengambilan kupon dimulai besoknya, yakni Selasa dan Rabu. Lanjutnya, pelaksanaan pendaftaran dilakukan secara online melalui link aplikasi yang telah di siapkan, setiap orang dapat mendaftar pada link yang sesuai dengan tempat tinggal atau sesuai data domisili di KTP pendaftar.

Setelah melakukan pendaftaran, kata Nurdin, aplikasi akan mengirimkan pemberitahuan bahwa pendaftaran diterima. Setelah itu pendaftar tinggal menunggu kiriman kupon elektronik bila lulus hasil verifikasi.

Berikut link yang disediakan sesuai dengan domisili warga: Warga Kecamatan Meuraxa/Kutaraja mendaftar pada link :https://bit.ly/smbakoMurahMrxKtraja1 Warga Kecamatan Kuta Alam mendaftar pada link :https://bit.ly/smbakomurahKutaAlam Warga Kecamatan Baiturrahman/Lueng Bata mendaftar pada link : https://bit.ly/smbakomurahBtrLbata Warga Kecamatan Syiah Kuala dan Ulee Kareng mendaftar pada link ; https://bit.ly/smbakomrhSyUlkar Warga Kecamatan Bandaraya/Jayabaru mendaftar pada link ;https://bit.ly/smbakomurahBandaryJyabaru

Pengambilan kupon dilakukan pada toko yang di tunjuk panitia pelaksana. Pemerintah Kota telah menyiapkan 5 lokasi pengambilan kupon sembako murah yang tersebar dan mewakili lokasi Kecamatan yaitu: Toko Permata Bunda Mart di Punge Jurong Mizi Toserba di Depan Mesjid Raya Baiturrahman Toko Permata Bunda Lamteumen Barat Toko Permata Bunda Lampriet Permata Bunda Jeulingke.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00