Waspadai Potensi Krisis Pangan Ditengah Pandemi Covid-19

KBRN, Banda Aceh : Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan pemerintah Aceh dan kabupaten / kota perlu mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan di tengah pandemi COVID-19.

Hal itu dikatakan berdasarkan prediksi organisasi pangan dan pertanian dunia (Food and Agriculture Organization/FAO) yang memperkirakan akan terjadi krisis pangan di tengah pandemi COVID-19. Krisis pangan diprediksi akan terjadi secara global.

”Beberapa persoalan yang berpotensi menyebabkan krisis pangan adalah terhambatnya produksi dan rantai pasok akibat kebijakan penanganan pandemi COVID-19 seperti lockdown, social distancing, dan lain-lain,”ujarnya Kamis (14/5/2020).

Nova menyebutkan, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi krisis pangan di Aceh. "Kalaupun krisis pangan benar akan terjadi pada akhir tahun, maka kita masih punya waktu untuk mempersiapkan langkah antisipasinya," ujarnya.

Untuk itu, Nova meminta pemerintah kabupaten / kota memanfaatkan lahan-lahan potensial yang ada untuk produksi pangan, baik tanaman, ikan maupun ternak. Selain itu, ia juga meminta semua pihak menghindari barang mentah hasil pertanian Aceh dibawa keluar provinsi atau keluar negeri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00