Pedagang kecil tetap optimis ditengah isu Korona

KBRN, Sabang : Ditengah Isu Korona yang merebak, Pedagang kecil di Sabang tetap optimis melayani Pembeli. Sebagian tak menaikkan harga karena tak mau membebani masyarakat. 

Dampak kenaikan sejumlah komoditi terhadap isu Korona masih terasa di Sabang. Namun perputaran ekonomi di tingkat bawah masih mulus berjalan. Hal ini ditandai dengan tetap ramainya pasar-pasar tradisional maupun mini Market yang tak kurang pembeli.  

Para pedagang kecilpun terlihat tetap optimis melayani pembeli. Harga bawang putih yang naik misalnya sebagian besar belum berdampak kepada harga makanan di Sabang. Salah satunya   Mie Aceh, harga makanan ini nyaris tak ada kenaikan, padahal mempergunakan bahan bawang putih sebagai bahan racikan bumbunya. Menurut Iwan salah seorang pedagan Mie Aceh di jalan Perdagangan, harga mie nya tetap di jajakan 10 ribu rupiah seperti sebelum harga bawang putih naik. Namun begitu ia hanya mengurangi sedikit porsi mie dari biasanya. 

“kita pakai untuk alat bumbu mi bawang putih. iya harga bawang putih masih belum turun, kemarin kita beli bisa sampai 75 sampai 80 ribu perkilonya. Tapi saya tidak menaikkan harga mi tetap 10 ribu, ctapi saya sedikit kurangi porsi minya. Sayang juga pembeli” ungkapnya Sabtu (14/03/2020). 

Meski begitu ia berharap harga bumbu dapur ini akan segera turun. Kenaikan bawang putih sebesar 2 kali lipat juga dirasakan pedagang sayur eceran di pasar Induk  Kota Sabang, Nyak Sal mengaku selama pembatasan bawang putih impor, kebanyakan pembelinya hanya membeli dalam porsi kecil. Kendati demikian kata nyak Sal pelanggannya tidak berkurang selama ini. 

“ kalau sudah merata naik begini ya mereka tidak mengeluh lagi, mereka beli hanya sedikit-sedikit , 1 ons misalnya. Tapi bawang nya tidak susa di cari kita ambil dari Lambaro(Banda Aceh) kadang di mobil langsung mereka bawa kesini” ujarnya. 

Untungnya kata nyak Sal kebutuhan bawang putih tidak terlalu sulit dicari hingga kini. Meski harga meningkat stok bawang putih tetap tersedia di lapaknya yang digelar di lantai bawah beralas plastik putih itu. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00