Babinsa Julok Sambangi Warga Pelaku UMKM Pengolahan Ikan Asin

KBRN, Banda Aceh : Aceh Timur- Sertu Okto Siswoyo Babinsa Koramil 07/Julok menyambangi rumah usaha salah satu warga binaan yang mengembangkan usaha pengolahan ikan asin, di Desa Kuala Geulumpang, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (25/5/2022).

Usaha pengolahan ikan kering/asin ini berkembang dengan baik oleh warga Desa Kuala Geulumpang yang merupakan salah satu desa di Kec. Julok memproduksi ikan asin tradisional, Seperti yang di geluti oleh Ibu Fatimah yang saat ini mengembangkan usaha ikan asin untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Bagi Bu Fatimah bahan baku untuk pengolahan ikan asin sangat mudah didapat, dikarenakan tempat tinggal dan tempat pengolahan ikan berada pada radius jarak yang sangat dekat dengan tempat pendaratan ikan.

Babinsa mengungkapkan Proses pengolahan ikan asin yang di lakukan oleh Bu Fatimah yaitu dengan menggunakan metode penggaraman basah yaitu penggaraman menggunakan larutan garam dan dilanjutkan dengan perendaman selama 1x24 jam, setelah itu tahap penjemuran sampai ikan menjadi kering, terang Babinsa.

Bu Fatimah menambahkan rata rata masyarakat setempat mengolah ikan hasil tangkapan menjadi ikan kering/asin karena mudah dilakukan dan banyak di minati dipasaran, serta ketersediaan bahan baku dan pecahayaan sinar matahari yang sangat mendukung, pungkasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar