Rumah BUMN Sabang Fasilitasi Pelaku Usaha

KBRN, Banda Aceh : Rumah BUMN Kota Sabang fasilitasi para pelaku usaha yang ingin mengurus nomor induk berusaha (NIB).

Nomor Induk Berusaha (NIB) sangat penting bagi pelaku UMK yang ada di Kota Sabang, sebagai identitas untuk para pelaku usaha dalam rangka melaksanakan kegiatan bisnis. NIB berlaku sepanjang menjalankan kegiatan usaha sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dengan memiliki NIB, para pelaku UMKM bisa membuktikan legalitas Penanaman Modal atau Berusaha. Demikian dikatakan Fasilitator Rumah BUMN Kota Sabang Nadya.

Pihaknya bersedia membantu masyarakat yang ingin mengurus NIB, pelaku usaha hanya datang ke Rumah BUMN Sabang yang berlokasi di Kantor Telkom Sabang Jalan Perdagangan dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

“NIB untuk legalitas usaha mereka, pertama kali kita buat pelatihan NIB dulu, kami selalu terbuka untuk semua pelaku UMKM, kalau mau ngurus di jam kerja bisa langsung datang ke kantor, dengan syaratnya membawa KTP Asli, NPW jika ada, dan memiliki hp android,” ujar Nadya, Jumat (28/1/2022).

Nadya menambahkan, bagi Usaha dibidang makanan pihaknya tidak hanya membantu dalam pengurusan NIB saja, namun sampai ke PIRT dan halal MUI serta BPOM. Serta jika produk pelaku UMKM semakin maju maka akan dijadikan sebagai produk unggul dan berkualitas dari Kota Sabang yang akan diekspor atau Go Global.

“Tingkatan UMKM, Go Modern seperti pedagang bakso dan sayur keliling, Go Digital pemasarannya sudah melalui akun media sosial, Go Online sudah menggunakan market place atau aplikasi penjualan online, dan Go Global tingkat pemasarannya sudah sampai ekspor,” jelasnya.

Dalam pengurusan NIB tersebut, pihaknya menerima tiga kategori UMKM yakni makanan, pakaian dan kerajinan. Serta bagi masyarakat yang memiliki usaha dibidang jasa juga tetap difasilitasi jika ada yang ingin mengurus Nomor Induk Berusaha di Rumah BUMN Kota Sabang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar