Bea Cukai Sabang Gelar Asistensi Perizinan NIB Kepada Pelaku IKM/UKM Di Sabang

KBRN, Banda Aceh : Melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis, Bea Cukai Sabang gelar asistensi perizinan NIB kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Sabang.

Dalam kegiatan tersebut Bea Cukai Sabang berkolaborasi Bersama DPM-PTSP Dan Tenaga Kerja Kota Sabang, Rumah BUMN, serta Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sabang, yang diikuti 20 peserta pelaku usaha. Demikian dikatakan Kepala Bea Cukai Sabang Hanif Adnan Zunanto melalui Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis (PKCDT) Mukhlis Rambe.

Pihaknya menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional atau penggalian potensi ekonomi yang sasaran utamanya bagi seluruh pelaku UMKM di Kota Sabang. 

“kita berharap hasil produk dari semua UMKM di Sabang bisa ke tahap ekspor, namun untuk mencapai ini tentu ada proses yang harus dilalui, mulai dari perizinannya, kemasannya, pemasarannya seperti apa,” ujar Mukhlis, Kamis (20/01/2022).

Pejabat Fungsional Bea Dan Cukai Sabang Efriza Fijral Miladi menjelaskan, setelah terselenggaranya asistensi tahap pertama tersebut, kedepannya pihaknya membuka diri membantu pelaku usaha dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Jika ada permohonan dari masyarakat untuk asistensi yang serupa akan kita bantu, kita terbuka ke semua kriteria usaha, terutama yang belum punya NIB dan yang masih kesulitan untuk membuat NIB nya secara mandiri, silahkan datang ke kantor Bea Cukai di jam kerja nanti akan kita bantu,” jelas Efriza.

Dalam pengurusan NIB pelaku usaha hanya melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada dan alamat email di karenakan proses pembuatannya melalui sistem Online Single Submission (OSS).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar