Upaya Peningkatan Produksi Kakao Di Kota Sabang

KBRN, Banda Aceh : Tingkatkan produksi Kakao di Kota Sabang, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang lakukan pembinaan rutin tiap bulannya terhadap petani Kakao. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang Fakri, SE.,MAP, melalui Kepala Bidang Perkebunan Ir.Hariadi mengatakan, hingga saat ini di Kota Sabang dari total 735 Ha kebun kakao, tanaman yang produktif hanya 185 Ha, tanaman rusak sebanyak 463 Ha. 

“Akibat banyaknya tanaman kakao yang rusak, sehingga kami dari Dinas Pertanian lakukan pembinaan kepada petani seperti peremajaan, dengan pemangkasan, sambung samping dan sambung tempel agar bisa produktif kembali,” ujar Hariadi, Jumat (07/01/2022).

Hariadi menambahkan, tanaman kakao yang rusak lebih banyak dibandingkan tanaman produktif di Kota Sabang, dikarenakan teknik budidaya tidak sesuai standar, masyarakat enggan melakukan perawawat setelah penanaman. 

“Masyarakat di Sabang setelah menanam kakao, kemudian untuk mengurus kembali tu agak sulit, beberapa kebun yang kami kunjungi terbengkalai, terbiarkan begitu saja, sehingga banyak tanaman kakao yang rusak di Kota ini,” tambahnya.

Ia berharap, dengan adanya pembinaan peremajaan tanaman kakao rutin tiap bulannya, dapat meningkatkan semangat dan pengetahuan bagi para petani kakao di Kota Sabang, agar kedepannya hasil produksi tanaman kakao lebih meningkat dan bisa digunakan sebagai bahan baku utama pabrik coklat Cokinol Sabang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar