5.749 Pelaku Usaha Mikro Terdampak Covid di Aceh Singkil Terima Bantuan BPUM

KBRN, Banda Aceh : Sebanyak 5.479 orang Pelaku Usaha  Mikro yang terdampak Covid 19 di Aceh Singkil terima bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021.  Nilai bantuan yang diterima yaitu sebesar Rp 1.200.000/untuk satu  Pelaku Usaha Mikro.   Penetapan Penerima Bantuan berdasarkan SK Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.   Pengumuman pendaftaran disampaikan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan  Usaha  Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (13/10/2021).

Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Aceh Singkil, Faisal, SPD, melalui salah satu Seksi Pendaftaran Bidang UKM, Lisna Hayati, kepada RRI, menjelaskan  Pelaku Usaha Mikro penerima bantuan sesuai SK Kementrian Koperasi dan UKM melebihi jumlah pendaftar secara online pada tahun 2021.  Menurutnya kelebihan tersebut merupakan data tahun 2020.

"Walaupun dia ga mendaftar di tahun 2021, ada juga yang keluar namanya.  Yang udah pernah keluar dulu, keluar lagi.  Data kita untuk yang untuk pendaftaran 2021 itu kan 3.666.  Sementara  SK yang kita terima 5.000 lebih.  Berarti kan ada data tahun lalu mungkin dimasukkan,” papar Lisna.

Lisna mengatakan keterlambatan pengumuman Penerima Bantuan karena sebelumnya ada perbedaan data yang masuk ke Bank Aceh dengan Data sesuai SK Kemenkop dan UKM.

“Data yang masuk ke BPD belum semua sesuai SK.  Jadi kami takut terjadi masyarakat datang, uangnya masih dalam proses.  Makanya Jadi kami mau menunggu dulu data sesuai.   Tapi, dilama-lamain pun masyarakat resah.  Karena Kabupaten lain sudah action. Ya udah, kami ambil keputusan keluarkan SK Kemenkop aja, walaupun uangnya belum semua masuk ke BPD.  Itulah makanya kenapa Aceh Singkil telat keluarkan pengumuman.  Kita kan menhindari jangan ricuh juga” imbuhnya.

Adapun untuk pencairan bantuan, masyarakat dapat langsung datang ke Bank Aceh Syariah Singkil, dengan membawa kelengkapan data.  Yaitu: Membawa KTP Asli dan Foto Copy KTP; Foto Copy Kartu Keluarga/KK; Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang diunduh di link https://bit.ly/Surat_SPTJM;   dan Surat Kuasa yang diunduh di link:  https://bit.ly/Format_Surat_Kuasa.  Sedangkan untuk nama-nama penerima bantuan dapat dicek di link:  https://bit.ly/BPUMAcehSingkil.

Diharapkan dengan adanya bantuan BPUM tersebut akan dapat membantu meringankan beban para pelaku usaha  kecil menengah yang selama ini mengalami kekurangan pendapatan usaha selama Pandemi Covid 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00