Percepat Serapan Realisasi DD, DMPK Tegur Desa Belum Ajukan ADK tahap Pertama

Rustam.SP Kabid DPMK Aceh Singkil

KBRN, Banda Aceh : Tercatat hingga saat ini, sejumlah Desa/Kampung  di Kabupaten Aceh Singkil masih ada yang di temukan belum menyampaikan permohonan realisasi Dana Desa (DD)  tahun 2021. Sedangkan serapan realisasi Dana Desa (DD) tersebut, perlu dikejar untuk menghindari Silpa Negara. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), tegur sejumlah Desa/Kampung di Aceh Singkil secara tertulis.

Surat teguran dan permintaan untuk membuat administrasi pengajuan permohonan Dana Desa (DD) itu, ditujukan kepada Desa/Kampung melalaui Kecamatan. Antara lain, Desa Kayumenang, Kecamatan Kuala Baru. Kemudian Desa Kuta Batu, dan Desa Lae Gecih, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil.

" Ketiga Desa/Kampung yang belum membuat pengajuan Dana Desa (DD) sumber ADK tahap pertama, sudah kita Surati," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Aceh Singkil, melalui Kabid Penataan Kerjasama Administrasi Pemerintahan Mukim dan Kampung. Rustam. SP, kepada RRI. Kamis (16/09/2021)

Disamping itu, selain masih adanya sejumlah Desa/Kampung yang belum  membuat pengajuan Dana Desa (DD) ADK tahap Pertama. Rustam juga mengungkapkan, meski sudah memasuki petengahan semester kedua. Akan tetapi, masih ada terdapat Desa/Kampung yang juga belum menyampaikan permohonan pengajuan Dana Desa (DD) sumber DDS tahap kedua. 

" Juga, Desa Kuta Batu, Mukti Lincir, Situban Makmur, dan Lae Balno, hingga saat ini belum mengajukan permohonan realisasi Dana Desa (DD) sumber DDS," tambahnya 

Padahal, sesuai dengan tahapan dan untuk menghindari terjadinya Silpa Negara realisasi penggunaan Dana Desa (DD) di Kabupaten Aceh Singkil. Sudah seharusnya seluruh Desa/Kampung, dapat menyampaikan serapan Dana Desa (DD) tahap kedua menunggu pengajuan tahap ketiga.

" Jika hingga batas waktu Desember tahun belum diajukan, masuk kedalam Silpa Negara," terang Rustam

Sebelumnya, terjadinya keterlambatan sejumlah Desa/Kampung di Kabupaten Aceh Singkil untuk membuat pengajuan realisasi Dana Desa (DD) tahun 2021. Baik ADK tahap pertama dan DDS tahap kedua, selain karena sejumlah Desa/Kampung itu tidak dapat memenuhi permintaan laporan realisasi anggaran Dana Desa (DD) tahun lalu. 

Juga sejumlah syarat lain, tidak dapat ditunjukkan kepada tim verifikasi dari DPMK setempat. Seperti, dokumen APBKam, surat permohonan Pencairan, surat tanggung jawab atau fakta integritas tentang kesanggupan merealisasikan dana desa (DD) sesuai ketentuan, dan sejumlah dokumen lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00