Polisi Disiplinkan Pengemudi Menjelang Perda Gakkum Pelanggar Protokol Kesehatan

KBRN, Sabang: Petugas Satlantas Polres Sabang gencar menggelar razia sosialisasi, dan pemeriksaan dalam rangka peningkatan disiplin menjelang penegakkan hukum protokol kesehatan bagi pengemudi kendaraan bermotor di Sabang.

Kapolres Sabang, AKBP Muhammad, melalui Kasatlantas Polres Sabang, Iptu Alfi, dalam amatannya selama digelar razia pemeriksaan dalam rangka peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan di masa kenormalan baru, mengatakan, untuk tingkat kesadaran lapisan masyarakan pengemudi kendaraan roda dua maupun empat selama sosialisasi waspada covid-19 dan protokol kesehatan, mencapai 96 persen.

Dalam razia pemeriksaannya petugas Satlantas Polres Sabang, selain menyampaikan himbauan bahaya tidak mengunakan masker kepada pelanggar, petugas juga membagikan masker standar kesehatan gratis kepada pengemudi dan penumpang kendaraan bermotor.

“Kami juga tetap terus berusaha untuk menghimbau agar semua masyarakat memakai masker, dan kami juga akan terus berusaha untuk memberikan masker yang gratis dari kami,” imbuh Alfi disela razia sosialisasi disiplin dan gakkum. Senin (24/8/2020)

Selain itu petugas juga memeriksa kelengkapan pengemudi seperti helm standar SNI, kelengkapan kendaraan seperti surat tanda nomor kenderaan STNK serta surat izin mengemudi SIM, spion dan lainnya.

Menurut uji petik sejumlah tanggapan pelanggar selama jalannya razia pemeriksaan, hampir rata puluhan pengemudi kendaraan roda dua maupun empat pelanggar ketentuan mengantongi alasan yang sama, seperti lupa memakainya (masker didagu/leher), lupa bawa masker, dengan sengaja membuka masker (merasa tidak nyaman pernafasan),  dan tidak punya masker.

Razia pemeriksaan dalam rangka sosialisasi peningkatan disiplin menjelang penegakkan hukum pelanggar protokol kesehatan bagi pengemudi kendaraan bermotor di Sabang, turut menjaring penumpang kendaraan bermotor roda dua, termasuk penumpang Betor (becak motor) yang tidak mengunakan masker, turut terjaring. (HBS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00