IWAPI Aceh Besar Himpun Donasi untuk Muslim Rohingya

KBRN, Kota Jantho : Banda Aceh : Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Aceh Besar merasa terpanggil untuk membantu meringankan beban muslim Rohingya dengan cara bergerak cepat mengumpulkan berupa pakaian layak pakai, bahan makanan dan menggalang donasi.

Ketua umum Iwapi Aceh Besar Topa Ningsih mengatakan, sebagai bentuk rasa prihatin kepada muslim Rohingya yang terdampar di Lhoksemawe pihaknya membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin membantu untuk meringankan beban muslim Rohingya.

“Allhamdullilah dalam waktu dua hari, Minggu dan Senin 28-29 Juni 2020 sudah banyak terkumpul baju layak pakai, yang telah disortir terlebih dahulu seperti baju dewasa pria dan wanita, baju remaja putri dan putra, pakaian anak balita, serta jilbab dan mukena,”kata Topa Ningsih, Rabu (1/7/2020).

Menurutnya, setelah penyortiran pakaian tersebut lalu dipacking dan diberi pewangi pakaian. “Tujuannya agar pakaian tersebut bisa langsung dipakai dan memudahkan penyalurannya agar tidak semberaut,”ungkapnya. Topa Ningsih mengakui, selain pakaian layak pakai IWAPI Aceh Besar juga menerima sumbangan berbentuk sembako berupa mie instan dan donasi, yang langsung diserahkan kepada Ibu Eka yang menjadikan Posko sementara di "Pondok Soto Endang" usaha milik pribadinya yang beralamat di Gampong Lamprit, Banda Aceh.

Ia menjelaskan, setelah serah terima, seluruh bantuan yang sudah terkumpul akan langsung di kirim ke Posko Pengungsian Rohingya yang berada di Lhoksumawe tepatnya di daerah Punteut. “Setelah Iwapi Aceh Besar melakuan koordinasi dengan pihak yang bersangkutan ternyata, masih banyak kebutuhan lain yang sangat mendesak yang harus segera di salurankan kepada pengungsi Rohingya tersebut,’tuturnya lagi.

Ia mengakui, kebutuhan itu meliputi perlengkapan mandi seperti odol, sabun mandi, shampo, handuk dan kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya adalah diapers atau pempers bayi dan batita, serta pembalut wanita juga sangat di butuhkan mengingat jumlah pengungsi wanita dewasa dan remaja cukup besar.

“Jika nantinya donasi yang kita kumpulkan melebihi target, Iwapi Aceh Besar berinisiasi membeli kebutuhan lainya seperti alat tulis,”janji Topa Ningsih. Alat tulis tersebut nantinya sangat berguna karena bisa mereka gunakan untuk mengurangi kejenuhan ketika berada di posko pengungsian. Belajar dari pengalaman yang terdahulu Iwapi Aceh Besar sangat memperhatikan pengungsi yang di kategorikan anak-anak. “Kami Iwapi Aceh Besar mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk memberi kebahagian kepada mereka. Bantuan dapat disalurkan melalui IWAPI Aceh Besar dengan mengkonfirmasikan bantuan anda melalui nomor contak WA : 0813-6011-0158. Topa Ningsih (Ketua Umum IWAPI Aceh Besar), 0822-5983-7858. Irma ( WKU 1) dan 0853-5808-7958. Ira Yanti (WKU 2),”demikian Topa Ningsih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00