Bhabinkamtibmas Polsek Tamiang Hulu, Terus Sosialisasi Tentang Karhutla

KBRN, Aceh Tamiang : Guna tidak terjadinya pembakaran hutan dan lahan, Bhabinkamtibmas Polsek Tamiang Hulu Bripka Purwedi melaksanakan Patroli Karhutla dalam rangka Memberikan Himbauan Larangan Karhutla yang bertempat di Desa Perkebunan Pulo Tiga Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (4/7/2022).

Dalam kegiatan patroli tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Tamiang Hulu mensosialisasikan kepada warga, untuk tidak membakar hutan dan lahan pada saat membuka lahan perkebunan serta melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan karhutla, dengan membentangkan spanduk stop karhutla.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, SIK, melalui Kapolsek Tamiang Hulu Ipda Rudiono, S. Sos, mengatakan, kegiatan yang dilakukan Bhabinkamtibmas ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang Khususnya kecamatan Tamiang Hulu.

”Mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya penanggulangan karhutla, membangun sinergi dengan masyarakat, kemudian apabila mengetahui kejadian kebakaran agar melaporkan ke kantor kepolisian terdekat,” ujar Kapolsek Tamiang Hulu.

Sambungnya, dalam sosialisasi nya Bhabinkamtibmas menyampaikan kepada warga/masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran baik di wilayah hutan maupun pada saat melakukan pembukaan lahan pertanian/ Perkebunan.

“Karena sangsi untuk melakukan pembakaran hutan/ Lahan sesuai dengan UU Nomor 41 tahun 1999 Tentang Kehutanan, yakni Pasal 78 ayat 3 dan pasal 78 ayat 4, UU nomor 18 Tahun 2004 Tentang Perkebunan, yakni dalam pasal 08 ayat 01, Serta Uu Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup yang di jelaskan dalam pasal 108, pelaku dapat dipidana dipenjara selama 15 tahun dan denda 15 milyar, pungkasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar