Satpol PP dan WH Aceh Tengah Lakukan Patroli di Seputaran Masjid Raya Ruhamah Takengon

KBRN, Banda Aceh : Untuk meningkatkan kekhusukan jamaah Masjid Raya Ruhamah Takengon dalam menunaikan ibadah shalat Jumat, Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Tengah kembali melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat, Jumat (15/10/2021).

Patroli dan sosialisasi dilakukan terhadap para pedagang yang masih berjualan, pengunjung taman, maupun jamaah lain yang masih berada diluar Masjid, padahal rukun shalat Jum’at hampir tiba.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, melalui Plt. Kasatpol PP dan WH Kabupaten Aceh Tengah, Ariansyah AR, mengungkapkan bahwa aqidah dan ibadah merupakan bagian pokok pengamalan Syari’at Islam yang perlu mendapat perlindungan dan pembinaan sehingga terbina dan terpelihara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kehidupan masyarakat Aceh Tengah yang islami dan menjunjung tinggi ajaran Islam merupakan landasan untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin, baik pribadi, keluarga, dan masyarakat”, tutur Ariansyah.

Pada saat patroli, sedikitnya petugas berhasil menegur dan memberi pembinaan kepada 5 orang yang tidak berbusana Islami. Kemudian menjelang azan, petugas menutup 13 lapak pedagang dan menghimbau pedagang untuk bersegera ke masjid. Selain itu hampir 18 jamaah yang masih berada ditaman juga dihimbau untuk segera masuk kedalam masjid.

Kepala Bidang Penegakkan dan Perundang-Undangan Daerah, Hamdani, melalui Kasi Pengawasan Syariat Islam, Zamri, mengutarakan bahwa penertiban tersebut mengacu kepada Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syari’at Islam Bidang Aqidah, Ibadah, dan Syi’ar Islam.

Disitu disebutkan bahwa setiap orang, badan usaha, dan institusi wajib menghentikan kegiatan yang dapat menghalangi mengganggu orang Islam melaksanakan sholat Jum’at.

“Kita minta kepada siapa saja agar kedepannya menghormati penyelenggaraan Shalat Jum’at, dengan menghentikan segala aktifitas menjelang waktu shalat tiba. Dan bagi yang tidak memiliki halangan syar’i agar bersegera menunaikan ibadah shalat Jumat ini”, harap Zamri.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00