1 Hektar Lahan Warga Terbakar, Berhasil Dipadamkan TNI

KBRN, Kutacane : Anggota Posramil Leuser jajaran Kodim 0108/Agara melaksanakan pemadaman api bersama warga setempat di lokasi lahan kebun 1 Hektar milik Suraman Boang Manalu (25), warga Desa Pakpak Kecamatan Leuser Kabupaten Aceh Tenggara, Sabtu (13/08/2022).

"Dari hasil pantauan aplikasi Lapan Fire Hotspot menunjukkan satu lokasi daerah Kecamatan Leuser muncul titik api. Setelah mendapatkan informasi anggota posramil leuser bergegas menuju lokasi titik kebakaran bersama warga setempat," ucap Danposramil Leuser Pelda S.B Sinurat di tempat terpisah.

Menurutnya, pembakaran lahan dapat mengakibatkan tersebarnya asap dan gas-gas lain ke udara juga akan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim.

"Kebakaran hutan juga, dapat mengakibatkan hutan menjadi gundul sehingga tidak mampu lagi menampung cadangan air di saat musim hujan, hal ini dapat menyebabkan tanah longsor ataupun banjir," tuturnya.

"Setelah kami melakukan pemadaman api di lokasi kebun, akan dilakukan pemanggilan yang bersangkutan ke kantor Posramil Leuser serta dilakukan pendataan dan membuat surat perjanjian agar tidak melakukan pembakaran lahan lagi dengan bentuk alasan apapun," pungkasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar