Dari Bukit Blang Tiron Komplek Arun, Hilal tidak Dapat Teramati

KBRN, Aceh Utara : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara melakukan pengamatan hilal untuk menentukan masuknya awal Bulan Dzulhijjah 1443 H, di Bukit Blang Tiron, Komplek Perta Arun Gas Lhokseumawe, Rabu (29/6/2022). 

Pengamatan hilal tersebut, dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Utara, Drs. H. Maiyusri, M.Ag beserta Penyelenggara Zakat Wakaf Syukri, SAg dan staf Bimas Islam. 

Sesuai data yang di dapat, ketinggian hilal di lokasi pengamatan Blang Tiron sebesar 2 derajat 53 menit di atas ufuk mar'iy. 

Menjelang terbenamnya matahari kondisi di ufuk barat mulai diliputi awan tebal sehingga hilal pada sore ini dipastikan tidak terlihat. 

Kakankemenag Aceh Utara,  Maiyusri menjelaskan, hasil pengamatan ini nantinya akan kita sampaikan ke Kanwil Kemenag Provinsi Aceh sebagai laporan hasil pengamatan. 

"Dengan hasil ini dapat dipastikan Idul Adha akan berbeda nantinya." ucapnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menghargai perbedaan yang terjadi terkait Idul Adha nantinya,"

"Mari kita saling menjaga dan memupuk persaudaraan diantara kita meski berbeda dalam merayakan Idul Adha," pesannya. 

Dalam pengamatan hilal ini pihaknya bekerjasama dengan Kankemenag Kota Lhokseumawe, IAIN Lhokseumawe, tim Lajnah Falakiyah MPU Kabupaten Aceh Utara, Instansi terkait serta beberapa pondok pesantren yang ada di Aceh Utara.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar