Angin Kencang Timpa Dua unit Rumah di Aceh Besar

KBRN, Kota Jantho :  Angin kencang yang melanda Kabupaten Aceh Besar pada Sabtu (28/5/2022) siang tumbangnya pohon yang menimpa dua unit rumah di Gampong Ateuk Lam ura Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh besar.

"Akibat tumbangnya pohon tersebut dari dua unit rumah yang tertimpa satu unit rumah mengalami rusak berat dan satu unit lainnya mengalani rusak ringan," ujar Kalaksa BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil S Sos MSi.

Dijelaskannya, petugas Damkar BPBD Aceh Beear pos induk Sibreh menerima informasi yang di sampaikan oleh Kalaksa BPBD Aceh besar melalui group WhatsApp "Garda Damkar Aceh Besar" tentang adanya kejadian pohon tumbang yang menimpa rumah warga setempat.

Ridwan Jamil didampingi Operator Pusdalops PB Aceh M Iqbal menjelaskan, kejadian pohon tumbang tersebut terjadi tak terlepas dari faktor cuaca hujan yang disertai angin kencang yang melanda sebahagian besar wilayah Aceh Besar. 

Menurut keterangan pemilik rumah pada saat kejadian semua pemilik rumah sedang berada dirumah namun pada saat kejadian berhasil keluar untuk menyelamatkan diri."Untuk sementara waktu pemilik rumah mengungsi ke rumah keluarga karena rumah yang bersangkutan sudah tak layak huni lagi,"ungkapnya. Ridwan Jamil juga mengatakan, Petugas Damkar BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh setelah menerima informasi tersebut langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya penanganan dan pemotongan pohon sejenis palem yang berukuran besar (Bak Iboh).

Dalam melakukan upaya penanganan tersebut petugas menyertakan 3 unit mesin pemotong kayu Shin Saw dan di dukung oleh tujuh personil pemadam. "Penanganan sendiri selesai di lakukan pada pukul 14.40 Wib.

"Unsur terlibat BPBD Aceh Besar, TKSK Dinsos Aceh Besar, TNI (Koramil setempat), ️POLRI (Polsek setempat) dan m️asyarakat setempat,"tambahnya.(*)

*Data Pemilik Rumah sbb :

1. Nama : Ibrahim (64 thn)Pekerjaan : petaniKK / Jiwa : 1kk / 5jiwaJenis Bangunan : rumah permanenTingkat Kerusakan : Rusak Berat (RB)

2. Nama : Tuti Salami (30 Thn)  Pekerjaan : ibu rumah tangga  KK / Jiwa : 1kk / 1jiwa  Jenis Bangunan : rumah permanen   Tingkat Kerusakan : Rusak Ringan (RR)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar