Muara Kuala Gabi Dangkal, Kapal Sulit Berlayar

KBRN,Aceh Singkil: Muara Kuala Gabi di kawasan Pulau Sarok, Singkil, Aceh Singkil, mengalami pendangkalan.  Hal ini menjadi permasalah bagi nelayan maupun Kapal Penumpang yang kerap melewati jalur tersebut.  Pasalnya Muara Kuala Gabi merupakan jalur utama menuju Kepulauan Banyak, Aceh Singkil.  Ketika muara tersebut dangkal, akan mengakibatkan nelayan maupun kapal penumpang sulit untuk berlayar.

Salah satu warga, Joni mengatakan akibat pendangkalan tersebut pelayaran kapal menjadi terhambat.  Karena itu warga maupun nelayan sangat berharap ada kebijakan Pemerintah untuk melakukan pengerukan ataupun normalisasi di jalur tersebut.

“Agar aktivitas pelayaran kapal  ke Pulau Banyak, dan kapal nelayan berjalan lancar,” ujarnya.

Pantauan media, untuk melewati muara, kapal nelayan maupun kapal penumpang harus menunggu lama sampai bisa lewat.  Karena biasanya kapal dapat melewati muara tersebut apabila air laut pasang.

“Jadi sering harus menunggu berjam-jam agar bisa melewati muara, untuk berlayar dari Singkil ke Pulau Banyak.  Karena kapala baru bisa lewat kalau air laut pasang,” tutur Joni.

Muara Kuala Gabi kerap mengalami pendangkalan akibat pengaruh alam.  Sehingga setiap nelayan maupun pembawa kapal penumpang harus hati-hati, karena muara itu kerap berpindah posisi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar