FOKUS: #VAKSIN COVID

Banyak Anak Tak Didampingi Orangtua, Capaian Vaksinasi Anak di Aceh Singkil Minim

KBRN, Aceh Singkil:  –  Minggu pertama pelaksanaan vaksinasi Covid 19 untuk anak usia 6-11 tahun di Aceh Singkil, capaian vaksinasi masih sangat minim, karena banyak anak yang tidak didampingi orangtua.  Padahal antusias anak untuk divaksinasi sangat tinggi.  Seperti pada pelaksanaan Vaksinasi Anak di Kecamatan Singkil Utara, capaian vaksinasi sangat jauh dari harapan, karena ketidakhadiran orangtua untuk mendampingi anak.

Saat pelaksanaan vaksinasi anak hari kelima di SD Negeri 1 Ketapang Indah, Kecamatan Singkil, Utara, Jumat (21/01/2022), Kepala Puskesmas Singkil Utara, dr. Tri Patriyuni kepada RRI menjelaskan hasil kegiatan hanya 30 anak yang divaksinasi dari 183 sasaran. Banyak anak tidak divaksin karena tidak ada pendampingan orangtua.

“30 Anak yang divaksin dari 183, dari 183.  Tapi anak-anak itu bukan tidak mau, tapi orangtuanya yang tidak mendampingi.  Mungkin orangtuanya ada urusan lain.  Tapi di lain hari akan kita lakukan turun lapangan lagi.  Mungkin di dosis kedua nanti ada anak yang ingin vaksinasi pertama akan kita layani,” kata dr. Tri.

Dikatakan dr. Tri, antusias anak untuk mengikuti vaksinasi di jenjang sekolah dasar cukup tinggi.  Menurutnya, apabila ada pendampingan orangtua, diperkirakan cakupan vaksinasi bisa mencapai 50 orang.

“Anak-anak yang lain mau disuntik, tapi tidak ada orangtuanya.  Mungkin kalau misalnya kita lakukan penyuntikan ada orangtuanya, mungkin sekitar 50-an anak ada.  Tapi kita ga lakukan, karena orangtuanya tidak mendampingi.  Kita ga berani,” tuturnya.

Dr. Tri memaklumi kesibukan orangtua, karena itu ia menghimbau untuk anak yang belum divaksin dapat dibawa orangtua untuk menjalani vaksinasi di Puskesmas pada setiap hari kerja.

“Tetap kita terima, tetap kita buka dari Senin sampai Sabtu.  Ini kan kita sampai disini jam 11, setelah lewat jam 11 kita buka di Puskesmas.  Kalau memang warganya dekat-dekat sini, langsung aja kita suruh ke sekolah, kita terima dosis 2 juga, dosis 2 dewasa.  Bisa datang ke Puskesmas atau sekolah yang kita kunjungi”  ujarnya.

Adapun untuk Kecamatan Singkil Utara, vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah dilaksanakan di lima sekolah dasar.  Dari lima sekolah tersebut total jumlah anak yang sudah  divaksinasi sebanyak 269 anak atau 19,45% dari  1.382 sasaran di Singkil Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar