FOKUS: #VAKSIN COVID

Kadisdikbud: Instruksi Bupati, Ada Sanksi Administratif Bagi Anak Yang Tidak Divaksin

KBRN, Aceh Singkil:  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh  Singkil, Khalilullah, SPd, menegaskan akan ada sanksi administratif bagi anak yang tidak divaksin.  Hal ini sesuai dengan Instruksi Bupati Aceh  Singkil, tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus 19 Dosis 1 dan 2 serta pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Kepada RRI Khalilullah, S.Pd, menjelaskan aturan pemberlakukan sanksi ditetapkan sesuai dengan Instruksi Bupati Nomor 440/019 Tahun 2022.

“Kami sudah menerima instruksi Bupati beberapa waktu yang lalu nomor 440/019 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus 19 Dosis 1 dan 2 serta pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun .  Ini mungkin kelalaian kami juga, baru kami terima 2-3 hari yang lalu.  Disinilah baru kami dapat membaca bahwa sudah ada sanksi sesuai dengan Instruksi Bupati ini,” terang Khalilullah, Selasa (18/01/2022).

Dijelaskan Khalilullah, sesuai dengan Instruksi Bupati tersebut, sanksi yang diberlakukan sama dengan sanksi untuk vaksinasi sebelumnya, yaitu berupa penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan.

“Kalau kita di point-point yang ada seperti Diktum ketiga ini, sanksinya tetap mirip seperti yang diberlakukan di umum.  Hanya penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan.  Ini yang sudah ada.  Dan hari ini saya akan menerbitkan Edaran, tindak lanjut dari Instruksi Bupati ini kepada sekolah, agar terkait dengan sanksi administratif ini, akan kita laksanakan sesuai dengan kewenangan masing-masing. Mana nanti kewenangan di tingkat sekolah, akan diberikan sanksi oleh Sekolah, mana nanti kewenangan kami di Dinas, ya kami yang melakukan,” paparnya.

Lebih lanjut Khalilullah mengatakan Lounching vaksinasi Covid 19 usia 6-11 tahun Tingkat Kabupaten Aceh Singkil telah dilaksanakan pada Senin, (17/01/2022) di SD Negeri 1 Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gunung Meriah.  Yang turut dilaksanakan secara serentak di masing-masing Kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil.  Diharapkannya, pihak sekolah  serta orangtua/wali murid mensukseskan kegiatan tersebut, dalam upaya mengakhiri Pandemi Covid 19 di Aceh Singkil.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar