Sukseskan Paud Holistik Integratif, Himpaudi Aceh Singkil dan Polres Aceh Singkil Jalin Kerjasama

KBRN, Aceh Singkil:  –  Untuk mensukseskan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI), Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Aceh Singkil dan Kepolisian Resor Aceh Singkil menjalin kerjasama.  Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013.  Dimana dalam aturan  disebutkan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI)  harus diterapkan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan  esensial anak usia dini  yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

Ketua HIMPAUDI Aceh Singkil, Herlina Siregar, kepada RRI, Selasa (07/12/2021) menjelaskan kerjasama dengan Kepolisian untuk pemenuhan kebutuhann perlindungan anak.

“Holisitik Integratif itu kan penanganan anak usia  dini secara menyeluruh.  Mencakup gizinya, kemudian kesehatan, pendidikan, pengasuhan, kemudian ada perlindungan. Jadi kita bekerjasama dengan beberapa Instansi.  Kalau MoU dengan Polres itu berkaitan dengan perlindungan anaknya.  Holistik Integratif di Bidang Perlindungan Anak.  Jadi seluruh anak yang ada di satuan PAUD itu harus terlindungi.  Jadi kalau ada kekerasan anak kita bisa melapor ke Polres minta perlindungan,” kata Herlina.

Ditambahkan Herlina, selain kerjasama terkait pengembangan PAUD Holistik Integratif, HIMPAUDI Aceh Singkil juga mendorong seluruh sekolah di Aceh Singkil untuk berkerjasama dengan Polres Aceh Singkil dalam Program Polisi Sahabat Anak

“Kan ada Polisi Sahabat Anak.  Jadi setiap sekolah itu silahkan datang ke Polres untuk kegiatan di PAUD.  Kan anak-anak takut Polisi.  Tapi dengan Polisi Sahabat Anak, anak-anak itu tidak takut,” tambahnya.

Sementara Kapolres Aceh Singkil, AKBP Iin Maryudi Helman, SIK menyatakan sangat mendukung MoU Paud Holistik.  Ia mengatakan melalui kerjasama, tidak hanya untuk perlindungan anak, tetapi akan dapat menanamkan kepercayaan diri dan keberanian kepada anak-anak PAUD di Aceh Singkil.

“Kita menanamkan profesi-profesi yang ada  di negara kita ini untuk memberikan keyakinan, kepercayaan diri kepada anak-anak kita ini, agar pada saat dia tumbuh dan dewasa, dia udah mengetahui beberapa profesi pekerjaan di lingkungan  di negara kita ini.  Salah satunya kerjasama ini menanamkan rasa cinta kepada Polisi, kemudian  memperkenalkan fungsi-fungsi kepolisian yang ada di Polres Aceh Singkil. Sehingga ketika dewasa nanti mereka sudah bisa dekat dengan Polisi, tidak mesti takut,” papar AKBP Iin Maryudi.

Penguatan Kerjasama Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) dan Kepolisian Resor Aceh Singkil ditandai dengan  Penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait PAUD Holistik Integratif untuk Perlindungan Anak dan Polisi Sahabat Anak.  Yang telah ditandatangani pada Jumat (03/12/2021) di Kantor Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Singkil, oleh Ketua HIMPAUDI Aceh Singkil, Herlina Siregar, dan Kapolres Aceh Singkil AKBP Iin Maryudi Helman, SIK.  Yang turut dihadiri Hasmidar S.Pd, Ketua  Pusat Kegiatan Guru Singkil Utara yang juga menjabat Kepala TK Satu Atap SD Negeri 2 Gosong Telaga, dan Kepala Sekolah TK Aba Gosong Telaga Timur, Terinah S.Pd.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar