Tim SAR Evakuasi WNA Filiphina di Selat Benggala

Ilustrasi (Dok Basarnas)

KBRN, Banda Aceh : Tim Basarnas Banda Aceh mengevakuasi seorang WNA asal Filiphina yang merupakan crew kapal kargo di wilayah Selat Benggala, Selasa (7/12/2021). 

WNA bernama Elberth Sedicol (47) merupakan crew kapal kargo SC. Memphis yang berlayar dari Jeddah menuju Qingdao. Korban diketahui mengalami sakit dan harus segera dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan medis. 

Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh Budiono mengatakan, WNA tersebut mengalami sakit pada bagian perut. 

"Informasi yang kita peroloeh yang bersangkutan sakit di bagian perut, tidak ada batuk dan demam, serta nafas cepat dan tidak teratur," kata Budiono di Banda Aceh. 

Awalnya, sebut Budiono, Basarnas menerima informasi pada pukul 11.48 WIB bahwa ada seorang crew kapal yang harus segera dievakuasi. 

"Tanggal 07 Desember 2021 pukul11.50 Wib Basarnas Banda Aceh melakukan koordinasi dengan kapten kapal untuk menentukan titik medevac. Estimasi tiba SC. Memphis  Pukul 16.00 Wib di lokasi medevac. Proses evakuasi ini juga berkoordinasi dengan pihak Agen Pelni, KKP, Imigrasi, KSOP dan seluruh unsur yang akan terlibat dalam pelaksanaan medevac," jelasnya. 

Tim Basarnas gabungan bergerak dari pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh menuju ke lokasi titik medivac dengan menggunakan kapal KN. SAR Kresna. Beberapa SAR juga dikerahkan seperti Ambulan KKP, Rescue Compartmen, peralatan SAR Air, peralatan Komunikasi, peralatan HART dan Responder Bag & APD Covid-19. 

Menurut Budiono, kapa kargo SC. Memphis berlayar dari Jeddah tujuan Qingdao pada tanggal 27/11/2021 pukul 12.17 Wib, selama pelayaran menuju Qingdao pada tanggal tanggal 7 Desember 2021 pukul 09.15 Wib salah satu crew mengalami sakit di bagian bawah perut (abdominal pain) dan perlu segera dilakukan penangan medis lebih lanjut. 

Nanti setelah dilakukan evakuasi dari kapal kargo, WNA tersebut akan dibawa ke Pelabuhan Ulee Lheue dan selanjutnya dirujuk ke rumah sakit Banda Aceh. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar