Sejumlah Wilayah Ini Diprakirakan Hujan

logo_bmkg.jpg

KBRN, Banda Aceh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya bmkg.go.id mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca di sejumlah wilayah di Aceh pada Selasa (7/12/2021). Adapun wilayah yang diprediksi berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat antara lain Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Tengah, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Barat, dan sekitarnya. Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh, Budi Saritua Hutasoit menyebutkan untuk sebagian wilayah Aceh lainnya diprakirakan akan cerah hingga cerah berawan.

Selanjutnya Budi meminta masyarakat untuk tetap waspada dengan kemungkinan perubahan kondisi cuaca yang dapat terjadi setiap saat.

“dengan kondisi cuaca seperti ini, masyarakat perlu tetap waspada. Kami imbau untuk berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan, khususnya di wilayah dengan curah hujan tinggi karena kondisi jalanan licin,” imbaunya.

Budi menambahkan rata-rata suhu udara di provinsi paling Barat Indonesia pada hari ini berkisar 23-30 derajat celcius. Dengan kecepatan angin dapat mencapai 10 knots atau 19 km/jam.

Lebih lanjut dia menjelaskan prakiraan gelombang laut pada hari ini masih relatif aman untuk beraktivitas di laut. Di mana klasifikasi ketinggian gelombang laut di wilayah perairan Aceh berada pada kategori rendah hingga sedang.

Budi merincikan untuk perairan Utara Sabang, Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Sabang – Banda Aceh, Perairan Barat Aceh, dan Samudra Hindia Bagian Barat Aceh, tinggi gelombang laut berkisar 1,25 hingga 2,5 meter. Sedangkan ketinggian gelombang laut di perairan Meulaboh – Kep. Sinabang diprediksi berada pada kisaran 0,5 sampai 1,25 meter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar