Menparekraf RI Kunjungi Gampong Wisata Nusa Aceh Besar

KBRN, Banda Aceh : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, disambut Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali beserta perangkat desa saat melakukan kunjungan ke Gampong Nusa di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu pagi (20/10/2021).

Tim juri ADWI 2021 telah tiba sehari sebelumnya ke Gampong Nusa untuk melakukan peninjauan dan penilaian langsung ke desa tersebut yang terpilih masuk 50 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar oleh Kemenparekraf RI.

Memakai kopiah Aceh, Sandiaga Uno tiba di gampong nusa diboncengi becak dan disambut tarian khas Aceh Rapai Geleng, Ratoh Duek, permainan anak tradisional Aceh, mengunjungi pasar Nusa, lokasi Nusa camp, hingga mencicipi kuah Beulangong.

Dipandu langsung oleh inisiator Gampong Wisata, Rubama antusias memperkenalkan Gampongnya kepada Menparekraf berbagai potensi budaya, adat dan manusia yang terawat di gampong tersebut yang mulai bangkit pasca gelombang Tsunami menerjang daerahnya belasan tahun silam.

Rubama mengatakan beberapa tahun terakhir Nusa telah menerima puluhan turis manca negara untuk melihat adat dan budaya Aceh dan menyediakan homestay dirumah warga.

Gampong Nusa kini memiliki 42 homestay yang merupakan sebuah kamar berstandar internasional dirumah-rumah warga yang melayani dengan ramah secara adat dan istiadat Aceh.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00