Dinkes Aceh Singkil Pastikan Tidak Ada Varian Baru Covid 19 di Aceh Singkil

KBRN, Banda Aceh : Dinas Kesehatan Aceh Singkil memastikan tidak ada varian baru Covid 19 di Kabupaten Aceh Singkil.  Hal ini disampaikan menanggapi ramainya pemberitaan terkait Virus  Covid 19 yang terus bermutasi, dan ditemukan di beberapa daerah di Indonesia.  Seperti: Varian Alpha, Beta, Delta, Gamma, Lambda, Zeta, MU dan lainnya. 

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil, Muhamad Raja Maringin, kepada wartawan mengatakan Untuk Aceh Singkil varian yang ditemukan merupakan varian Symtomp Normativ, varian Covid 19 yang umum ditemukan.

“Kita masih namanya varian Symtomp Normativ.  Gejalanya memang gejala yang sesuai dengan teks O, dengan petunjuk penanganan Covid,” ujar Raja Maringin.

Dikatakan Raja Maringin, untuk memastikan jenis varian baru hanya dapat dikaji oleh Dokter Spesialis, ataupun  melalui rumah sakit pendidkan, yang juga melakukan praktek kedokteran.

“Spesialis paru-paru itu tidak mengkaji dari keluhan yang disampaikan. Ada khusus itu bidangnya kalau di rumah sakit.  Orang ini mengkaji apakah masuk ke varian A atau delta.  Yang memang melaksanakan penelitian termasuk mengkaji itu rumah sakit-rumah sakit pendidikan, yang tentu ada praktek mahasiswa kedokteran.  Kemudian ada lembaga risetnya.  Tapi itu ranahnya Dokter Spesialis untuk menjelaskan.

Raja Maringin sangat berharap tidak sampai ada varian baru di Aceh Singkil, karena varian baru juga sangat berbahaya.  Untuk itu,  ia menghimbau masyarakat agar  tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti tetap memakai masker dalam aktivitas sehari-hari, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas/gerak.  Serta melaksanakan vaksinasi Covid 19 dosis lengkap.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00