FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Titik Panas Pemicu Karhutla Kembali Terpantau di Aceh

KBRN, Banda Aceh : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Malikussaleh Kabupaten Aceh Utara, Rabu (04/08/2021) kembali merilis Peta Sebaran potensi titik panas (Hot Spot) dan wilayah mudah terbakar.

Disebutkan Kepala BMKG Malikussaleh, Siswanto melalui Forecaster On Duty Ricky Nadiansyah kepada RRI menyebutkan, berdasarkan Peta Tingkat Kemudahan Terbakar yang terpantau mulai Rabu (04/08/2021) Pada Lapisan Atas Permukaan Tanah (FFMC).

"Sepanjang Pesisir Timur Aceh mulai Aceh Besar, Pidie, Pijay, Bireuen, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe", sebut Ricky Nadiansyah.

Lanjutnya, Pesisir Barat Aceh mulai dari Nagan Raya, Aceh Barat Daya (Abdya) dan Aceh selatan juga masuk dalam Kategori  Tingkat Mudah Terbakar yang didalam peta diberi tanda warna Kuning, hingga Sangat Mudah Terbakar yang berwarna Merah.

"Kondisi ini dimungkinkan karena Hampir 5 hari terakhir di wilayah tersebut tidak turun hujan, sehingga Serasah Dedaunan, Semak Belukar, Ilalang dan Rumput yang ada di kawasan Hutan maupun lahan perkebunan/pertanian dalam kondisi cukup kering sehingga mudah tersulut api", tegasnya lagi.

Selain itu, dihimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan menjaga lingkungan sekitar agar tidak terjadi kebakaran pada kawasan hutan dan lahan perkebunan/pertanian secara meluas.

"Sebisa mungkin agar dapat dilakukan pengawasan dan dibawah kendali apabila ada melakukan aktifitas pembakaran demi terhindar bencana kebakaran dalam skala luas", tutup Ricky.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00