FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

BMKG Kembali Deteksi 6 Titik Panas di Aceh

bmkg.go.id.jpg

KBRN, Banda Aceh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh kembali mendeteksi titik panas (hot spot) di beberapa wilayah Aceh. Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh, Nasyitah Azzahra Lubis, mengatakan titik panas yang terpantau satelit hingga Kamis (29/7/2021) pukul 08.00 WIB memiliki kriteria sedang. Menurutnya suhu udara maksimum diprediksi mencapai 30-34 derajat celcius.

“masyarakat perlu waspada untuk tidak membuka lahan baru untuk menghindari kebakaran lahan, kata Nasyitah.

Nasyitah merincikan, titik panas yang ditemukan berlokasi di Kecamatan Kaway Enam Belas, Aceh Barat, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah, Kecamatan Kota Juang, Bireun, Kecamatan Trienggadeng Pidie Jaya, dan Kecamatan Penanggalan, Subussalam.

Jumlah sebaran titik panas ini meningkat dibandingkan pada Rabu (28/7/2021) kemarin. Selain itu, Nasyitah juga mengimbau masyarakat agar memperbanyak mengkonsumsi buah, sayur, serta air putih untuk mengurangi resiko dehidrasi.

Sementara itu, melalui laman bmkg.go.id, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuaca pada Kamis (29/7) terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Langsa dan sekitarnya. Sedangkan, prakiraan cuaca di sebagian besar wilayah Aceh lain diprediksi cerah hingga berawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00