BMKG : Aceh Waspada Banjir-Longsor

Ilustrasi. Foto : RRI/Munjir

KBRN, Banda Aceh : BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrim di Provinsi Aceh dalam dua hari ke depan. 

"Mohon ijin BMKG Koordinator Provinsi Aceh mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga hujan lebat ( pada katagori 4 dan kagori 1 untuk tgl 12 Mai 2021)," kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh”.Zakaria Ahmad, dalam keterangan yang diterima rri.co.id, Selasa (11/5/2021). 

Menurut Zakaria, kondisi ini dapat berdampak banjir dalam sekala menengah di wilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dengan potensi dalam sekala menengah hingga tinggi. 

"Keadaan ini bila dilihat dari dinamika atmosfif pemicunya antara lain MJO berada pada kuadran 3 ini artinya cukup berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di Indonesia termasuk juga Aceh., terbentuknya belokan dan Konvergensi angin di Propinsi Aceh, adanya anomali suhu muka laut antara +1.0 s/ d +3.0°C di Samudra Hindia Barat Sumatera, Laut Andaman dan Selat Malaka," jelas Zakaria. 

Lebih lanjut katanya, keadaan ini dapat meningkatkan penguapan serta penambahan massa uap air laut yang dapat memicu pertumbuhan awan Konvektif sehingga berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat serta cuaca buruk di Propinsi Aceh. 

"Peringatan Dini Prakiraan Cuaca berbasis dampak ini berlaku untuk hari ini tgl 11 April 2021 mulai jam 07.00 wib s/d  tgl, 13 Mai 2021 jam 07.00 wib," ujarnya. 

Zakaria juga mengimbau, peringatan dini cuaca yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi katagori  4 dan 1. Pada katagori ini pesawat bisa ditunda atau dibatalkan sementara penerbangannya. 

Begitu juga untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi, terutama utk selalu wasapada terhadap potensi yg dapat berdampak, seperti banjir untuk daerah aliran sungai, daerah hamparan datar yang luas seperti persawahan yg dapat merendam tanaman petani, bisa banjir genangan diperkotaan, bajir diwilayah hilir dan bahkan bisa terjadi banjir bandang serta perlu lebih waspada terhadap potensi tanah longsor untuk wilayah pegunungan atau wilayah lereng. 

"Demikian juga bahaya angin kencang, sambaran petir tidak boleh dikesampingkan pada cuaca seperti ini.Intensitas hujan pada katagori 4 – 1 diperkirakan berlaku mulai hari ini tgl, 11 Mai 2021 mulai jam 07.00 wib s/d  tgl, 13 Mai 2021 jam 07.00 wib," ungkapnya. 

Berikut sejumlah wilayah di Aceh yang diprediksi dilanda cuaca ekstrim dalam dua hari ke depan. 

1.Aceh Tengah; Bintang, Linge, Ketol, Rusip Antara, Pengasing, Jajong Jeget, Atu Lintang Laut Tawar,Danau.* 

2.Bireun meliputi Kecamatan: Peudada, Jeunib, Simpang Mamplam, Pandrah, Samalanga.* 

3.Pidie meliputi Kecamatan: Mane, tangse, Glumpang Tiga, ,Tiro/Truseb.* 

4.Aceh Barat meliputi Kecamatan; Pantai Ceureument, Sungai Mas, Panton Reu.* 

5.Aceh Jaya meliputi Kecamatan; Panga, Krueng Sabe, Pasi Raya, Setia Bakti* 

6.Pidie Jaya meliputi Kecamatan; Meureudu, Bandar Dua, Bandar Baru.* 

7.Aceh Tenggara meliputi Kecamatan; Lauser, Babul Rahmah, Babul Makmur, Lawe Sigala-gala, Seumadam, Tanoh Alas, Bukit Tusam, Lawe Alas, Darul Hasanah, Babussalam, Bembel, Lawe Sumur, Lawe Bulan, Deleng Pokhkisen, Bandar, Ketambe.* 

8.Aceh Tamiang meliputi Kecamatan; Rantau, Tenggulun, Tamiang Hulu, Kejuruan Muda, Bandar Pusaka, Sekerak, Kota Kuala Simpang, Karang Baru, Manyak Payed, Bendahara*. 

9.Gayo Luwes meliputi Kecamatan; Pining,Tripe Jaya, Terangun, Blang Jerango, Blang Kejeren,Kuta Panjang, Blang Peugayon, Pantan Cuaca, Putri Betung, Dabun Gelang, Rikit Gaib.* 

10.Aceh Timur meliputi Kecamatan; Birom Bayen, Rantau Selamat, Ranto Peureulak, Serba Jadi, Simpang Jernih, Penaron.** 

11.Bener Meriah meliputi Kecamatan; Syiah Utama.* 

12.Nagan Raya meliputi Kecamatan; Beutong, Darul Makmur.* 

13.Aceh Barat Daya meliputi Kecamatan; Babah Rot, Kuala Batee, Jeumpa, Blang Pidie, Setia.* 

14.Aceh Selatan meliputi Kecamatan; Labuhan Haji Barat, Labuhan Haji Timur, Labuhan Haji, Sama Dua, Pasi Raja, Meukek, Lkuet Tengah, Kluet Timur, Kluet Utara, Tapak Tuan, Trumon, Trumon Timur, Sawang.* 

15.Aceh Singkil meliputi Kecamatan; Singkil Utara, Danau Paris, Simpang Kanan, Gunung meriah,Kota Baharu, Singkohor, Suro. 

16.Kota Subulussalam meliputi Kecamatan; Longkib, Rundeng, Sultan Daulat, Simpang Kiri, Penanggalan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00