Banjir Bandang-Longsor Terjang Gayo Lues

Banjir dan longsor melanda Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Foto : Ist

KBRN, Blangkejeren : Bencana banjir bandang dan tanah longsor melanda Kabuoaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Puluhan unit rumah di sejumlah desa terdampak. 

Menurut laporan dari BPBD Gayo Lues, bencana banjir dan longsor ini terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah ini sejak Jumat kemarin. 

"Hujan Deras yang mengguyuri Kabupaten Gayo Lues pada hari Jum'at tanggal 07 Mei 2021. sekitar pukul 18:00 wib telah terjadi banjir bandang dan tanah longsor, di Desa agusan Kecamatan Blangkejeren dan Desa Meloak Kecamatan Putri Betung," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas di Banda Aceh, Sabtu (8/5/2021). 

Dia menyebutkan, dua desa yang terdampak dari bencana ini. Dilaporakan 43 unit di Desa Meloak Kecamatan Putri Betung kemudian 18 unit di Desa Agusan Kecmatan Blangkejeren. 

Selain itu kata Ilyas, 11 titik longsor di jalan Lintas Blangkejeren-Aceh tenggara dan satu unit Puskesdes rusak. 

"Akibat peristiwa bencana ini 175 Jiwa di Desa Meloak Kecamatan Putri Betung terdampak kemudian 56 Jiwa di Desa Agusan Kecmatan Blangkejeren. Sebahagian masyarakat mengungsi ke rumah saudara dan sebahagian lagi masih di rumah masing-masing," ujar Ilyas. 

Tim TRC BPBD Gayo Lues sudah turun ke lapangan untuk mengecek kondisi korban terdampak dan material sekaligus pendataan korban banjir 

"Kondisi saat ini hujan masih melanda sebagian wilayah Gayo Lues. Masyarakat masih khawatir, jika hujan terus mengguyur,maka tidak mungkin banjir susulan akan terjadi lagi," sebut Ilyas. 

"Dilaporkan juga pada pukul 21.30 wib akses jalan sudah dapat dilalui menuju kabupaten Aceh Tenggara," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00