Dua Unit Rumah Terbakar di Aceh Besar

KBRN, Kota Jantho : Kebakaran yang menghanguskan dua unit rumah semi permanen dan rumah kontruksi kayu terjadi Sabtu (10/4/2021) menjelang magrib di Gampong Lambro Bileu Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar.

Menyusul terjadinya musibah kebakaran tersebut meski tak ada korban jiwa manusia, namun tiga KK (8 jiwa) kelhilangan tempat tinggal karena rumah yang selama ini mereka tempati rata dengan tanah.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar Farhan AP melalui Operator Pusdalops PB Iqbal mengatakan, membenarkan tentang adanya kejadian tersebut dan selain dua unit rumah satu unit becak motor milik Dian Saputra juga hangus terbakar.

“Petugas piket pemadam Pos Induk Sibreh dan Pusdalops BPBD Aceh Besar menerima informasi yang disampaikan oleh salah satu personil koramil setempat tentang telah terjadi kebakaran rumah warga setempat,”ujarnya. Sabtu (10/4/20121) malam.

Begitu menerima informasi kata Iqbal petugas langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan kebakaran. “Dalam kejadian tersebut telah terdampak dua unit rumah warga letak rumah tersebut berdekatan sehingga api begitu cepat menjalar ke rumah yang di sebelahnya,”tuturnya.

Masih menurut Iqbal, pada saat kejadian tersebut juga telah mengakibatkan satu unit becak motor milik Dian Saputra juga ikut terbakar dikarenakan pada sdaat kejadian tersebut Dian sedang tidak berada dirumah dan rumah dalam keadaan kosong menurut keterangan warga setempat sedang berada di pasar berjualan.

“Setelah menerima informasi petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar pos induk Sibreh mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian dan dibantu satu unit armada Damkar dari pos Kajhu dengan didukung 15 personil.

Setibanya di lokasi kejadian petugas langsung melakukan pemadaman dan proses pendinginan baru selesai dilakukan oleh petugas pada pukul 19.15 Wib.

“BPBD Aceh Besar telah berkoordinasi dengan Dinsos Aceh Besar untuk penanganan selanjutnya. Ia menambahkan, untuk saat ini pemilik rumah telah mengungsi ke rumah tetangga terdekat.

“Untuk penyebap kejadian kebakaran sudah dalam penanganan pihak berwajib Polsek Kutabaro,”tuturnya.

Identitas Pemilik Rumah :

1. Nama : Dian Saputra

Umur: 29th KK / Jiwa : 1kk / 3jiwa

Jenis bangunan : Rumah Kayu

Tingkat kerusakan : Rusak Berat (RB)

2. Nama : Maizir Agus rijal

Umur : 49th KK / Jiwa : 2KK / 5jiwa

Jenis bangunan : Rumah semi Permanen

Tingkat kerusakan : Rusak sedang (RS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00