Relaksasi, Solusi Atasi Tunggakan Iuran Peserta BPJS Kesehatan Cabang Atambua.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Atambua, didampingi staf pada kegiatan media geatring, Rabu (18/11/2020).

KBRN Atambua : Keseriusan BPJS kesehatan untuk membantu iuran peserta yang menunggak telah memprogramkan relaksasi tunggakan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di masa pandemi Covid-19. Keringanan ini merupakan kebijakan yang diberikan untuk peserta program JKN-KIS, khususnya  Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri perorangan yang dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN.

“Kondisi kartunya Non aktif karena menunggak iuran peserta diaktifkan kembali status kepesertaanya dengan mambayar iuran minimal untuk enam bulan, bahkan iurannya lebih dari enam bulan, sedangkan sisa yang belum dibayar masih bisa dilakukan pembayaran sampai dengan Desember 2021”, papar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Atambua Munaqib saat  Media Gathering “Program  relaksasi iuran” yang berlangsung Kantor BPJS Kesehatan Cabang Atambua Rabu (18/11/2020).

Munaqib menjelaskan, peserta yang ingin mendapatkan relaksasi tunggakan  harus melakukan pendaftaran pada kanal yang telah disediakan, yaitu untuk peserta PBPU.melalui aplikasi moblie JKN, Kantor Cabang (SIPP) dan untuk pesert PPU BU melalui aplikasi Edabu.

Selain itu peserta penerima upah di badan usaha, seperti hotel, retoran  dan hiburan yang juga mengalami kesulitan dibidang finansialnya hingga mengalami tunggakan segmen PBPU dan PPU yang menunggak enam bulan maka bisa mengikuti program relaksasi.

“Program ini semata kami tujukan untuk memberikan keringanan peserta atau masyarakat yang  terdampak Covid-19, artinya agar tidak memberatkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tetapi kartunya non aktif, maka dengan kebijakan ini dapat membayar enam bulan dan bulan berjalan kartu dapat diaktifkan untuk kepesertaannya”, jelasNya

Disisi lain Kepala BPJS Keshatan Cabang Atambua mengharapkan  peserta lebih banyak yang membayar iuran  yang akan digunakan untuk pelayanan kesehatan. Jumlah peserta yang mendaftar program Relaksasi Iuran se- Kantor Cabang Atambua yang meliputi Kabupaten Belu, Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan dengan total peserta mencapai 927.282, Dari jumlah tersebut PBPU Mandiri menunggak yang telah mengikuti program relaksasi per Oktober 2020 sebanyak 141 peserta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00