Anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Pantau Anak Gizi Buruk Di Daerah Perbatasan.

KBRN, Atambua : Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-RDTL sektor timur yonif raider 142/KJ yang baru dua hari bertugas menjaga perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste, langsung terjun ke masyarakat untuk melaksanakan tugas, seperti yang dilakukan anggota pos turiscain kacamatan Raihat Kabupaten Belu, para anggota melaksanakan pendataan dan pengecekan mengenai kesehatan warga di sekitar pos, pendataan dilakukan oleh serka hanafi bintara kesehatan pos turiscain.

Pengecekan tersebut bertujuan untuk mendata warga yang terdampak gizi buruk khususnya balita, setelah di lakukan pengecekan terdapat balita yang terdampak gizi buruk didesa turiscain 1 atas nama Maria D Assa yang lahir pada tanggal 05-02-2018 dengan bb 6,3kg dan tb 64,5 cm.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142 / KJ Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos. ,MM mengatakan, selain menjaga wilayah teritorial antara Indonesia dan Timor Leste, personil juga focus dalam bidang kesehatan terutama berkaitan dengan persoalan stunting yang saat ini menjadi perhatian pemerintah pusat hingga ke daerah karenanya personil satgas melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah masyarakat yang mengalami stunting. Dikatakan data tersebut akan dilanjutkan ke Mabes TNI

“Kami tidak saja bertugas menjaga perbatasan tetapi sumber daya manusia khsusunya dalam bidang kesehatan juga menjadi focus perhatian, sehingga personil akan giat melakukan pendataan stunting.”Ungkapnya Selasa (10/09/2019)

Menurut Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142 / KJ Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos. ,MM menambahkan, sebelum diberangkatkan ke perbatasan Atambua Kabupaten Belu di daerah asal Jambi personilnya telah diberikan pelatihan dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Lanjutnya Personil bidang kesehatan terdapat 25 orang dengan tenaga satu dokter yang akan bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di perbatasan.

"Kegiatan pendekatan seperti ini, sangat membatu warga masyarakat, khususnya masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan, selain menjaga perbatasan, satgas pamtas juga membantu warga di sekitar pos yang berada disepanjang garis perbatasan timur NKRI,”Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00