Kesbangpol TTU Gelar Lomba Pidato Antar SMA

KBRN, Kefamenanu: Jelang peringatan HUT RI ke 74, tahun 2019, Badan Kesatuan Kangsa dan Politik Kabupaten Timor Tengah Utara,  Provinsi Nusa Tenggara Timur gelar lomba pidato wawasan kebangsaan tingkat SMA sekaligus sebagai upaya meningkatkan pemahaman kepada generasi muda tentang sejarah, perkembangan kekinian dan aktualisasi nilai-nilai 4 pilar kebangsaan. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 20 pelajar perwakilan tiap SMA  se-Kabupaten TTU.   

Kepada RRI di Kefamenanu, senin (05/08/2019), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten TTU, Drs. Yoseph Kuabib mengatakan, tersebut juga digelar sebagai upaya untuk memberikan pemahaman yang utuh guna menanamkan kembali konsensus nasional tentang 4 pilar kebangsaan sebagai kekuatan pemersatu bangsa kepada seluruh masyarakat terutama para pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa.

"Maksud dan tujuan kegiatan lomba ini adalah sebagai upaya meningkatkan pemahaman kepada generasi muda tentang sejarah perkembangan dan aktualisasi nilai pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. " Kata Yosep.

Selain itu lanjutnya, kegiatan tersebut juga  untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

"Inikan  pidato wawasan kebangsaan, maka fokus temanya pada 4 konsensus nasional, kisi-kisinya diberikan oleh panitia nanti dikembangkan oleh peserta". 

Terkait hadiah kata Yoseph panitia telah menyiapkan piala tetap bagi juara 1 hingga juara 6, uang Pembinaan serta piagam penghargaan bagi seluruh peserta dan guru pendamping.

Ia  berharap, melalui kegiatan dimaksud, para peserta dapat memahami pentingnya wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara, membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan bagi generasi muda demi mendorong terwujudnya kehidupan yang harmonis serta mengembangkan kehidupan demokrasi.

"Yang kita harapkan dari kegiatan ini, tentu generasi muda melalui siswa-siswi ini dapat memahami pentingnya wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yang berikut membangitkan rasa dan semangat nasionalisme bagi generasi muda”. 

Sementara itu Archangela Sitahardin salah satu peserta lomba perwakilan SMA Negeri 1 Kefamenanu mengungkapkan, alasannya mengikuti lomba pidato wawasan kebangsaan dikarenakan wawasan kebangsaan merupakan pedoman kehidupan bagi bangsa indonesia. Sehingga menurutnya, dengan mengikuti lomba dimaksud dirinya dapat lebih memahami tentang nilai-nilai 4 pilar kebangsaan guna membentuk karakter diri sesuai dengan judul pidato yang dibawakannya yakni pentingnya 4 pilar kebangsaan dalam pembangunan karakter pemuda bangsa. 

"Saya mau mengikuti lomba ini karena alasan pertama wawasan kebangsaan  itu ada pedoman kehidupan bangsa indonesia,jadi dengan mengikuti lomba ini kita bisa tahu 4 pilar kebangsaan yang menjadi pedoman kehidupan kita." 

Ia juga berpesan, sebagai generasi muda sepatutnya dapat terus ditanamkan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan dan menjadikannya sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. MD/NL

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00