Satgas 742/SWY Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Rumah Adat.

KBRN, Atambua : Puluhan personel Mako Satgas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL Sektor Timur dipimpin Letda Inf Andi Taurik bersama warga melaksanakan gotong royong membersihkan Rumah Adat Kampung Matabesi di RT 19 Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu NTT, Jumat (11/6/2021).

Menurut Yonas Kono salah seorang warga setempat, gotong royong tersebut dilakukan dalam rangka menyambut aktivitas ritual tahunan yang akan dilaksanakan besok (Sabtu, red) untuk memohon keselamatan agar hasil pertanian melimpah.

“Pelaksanaan upacara ritualnya hari Sabtu untuk memohon keselamatan agar hasil pertanian kedepan lebih bagus dan melimpah dari sebelumnya,” ujarnya.

Yonas yang bekerja sebagai guru SMK di Suria Atambua ini juga mengucapkan terimakasih kepada personel Satgas Sektor Timur yang langsung merespon permintaannya untuk bersama-sama membersihkan rumah kampung adat sehingga terlihat bersih dan nyaman untuk digunakan pada acara ritual besok.

Terpisah, Komandan Satgas Pamtas RI – RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro di Mako Satgas Kelurahan Umanen memberikan apresiasi atas responsif personel jajarannya untuk membantu msayarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Menurutnya, rumah adat merupakan tempat yang sakral bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya masyarakat di Kabupaten Belu sebagai sarana untuk melaksanakan acara adat bagi masyarakat adat salah satunya sebagai tempat ritual memohon  keselamatan dan memohon doa-soa leluhur sehingga apa yang menjadi keinginannya terwujud.

Gotong royong yang sama juga dilakukan oleh personel Pos Asumanu membantu masyarakat Dusun Leonen membersihkan rumah adat yang ada di dusun Leonen, sedangkan personel Pos Nananoe bersama masyarakat Dusun Nananoe bergotong royong membangun Rumah Adat di dusun setempat.

“Teruslah berbuat yang terbaik kepada masyarakat dengan tidak segan-segan memberikan bantuan sehingga terjalin hubungan yang harmonis dan kompak antara personel pos dengan masyarakat sekitar,” pesan Bayu Sigit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00