Premium Stok Terbatas di SPBU, Dijual Eceran

Premium di Jual Eceran

KBRN, Atambua : Untuk memperoleh Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus jenis Premium di wilayah Kabupaten Belu-NTT masih menjadi sesuatu hal yang bisa dianggap sulit.

Kondisi ini bukan lantaran BBM jenis Premium yang nota bene subsidi Pemerintah dimaksud, di kota perbatasan Atambua Belu Nusa Tenggara Timur sementara ini terjadi kelangkaan namun tetap tersedia, kondisi ini lebih dikarenakan stok bbm yang dipasok ditingkat SPBU cepat habis terjual.

Setiap ada pasokan minyak dari Terminal BBM Atapupu oleh mobil tangki pengangkut selalu terlihat panjang antrian kendaraan termasuk mereka yang mengendarai kendaraan-kendaraan bertangki besar baik roda dua maupun roda empat, terkesan harus berebutan melakukan pengisian bahkan berulangkali (tab minyak) di lokasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kota Atambua.

Sehingga jangan heran ditngkat SPBU Premium sulit diperoleh, begitu banyak yang kembali diperjual belikan secara eceran diseputaran kota Atambua. 

Akibatnya sebagian kendaraan bermotor tidak kebagian melakukan pengisian BBM jenis bensin, terpaksa kalau tidak eceran, memanfaatkan BBM jenis Pertalite ataupun Pertamax dengan ketentuan diatas harga Premium.

Salah satu pedagang bensin eceran dibilangan kota Atambua Yasintus Bere mengatakan, sulit juga memperoleh Premium karena harus sewa kendaraan untuk melakukan tab minyak. Palingan kebagian duapuluan liter untuk kembali dijual eceran.

"Jual eceran ukuran botol Rp10.000, Kami dapat bensin isi juga harus sewa orangpun motor besar to isi 1 jerigen Rp.20.000. 20 liter begitu kami siap uang Rp.240.000 , masuk isi di Nosel to. Petugas kami tidak bayar, kalau tidak kami mau untung berapa jual eceran begini, ya kerja sampingan pas ada minyak masuk," ungkapnya Minggu (14/6/2020).

Menurutnya, apa yang dilakukam menjual minyak eceran, hanya sekedar mencari pendapatan tambahan menyambung hidup apalagi disaat covid-19 sulit mencari uang karena terbatas kerjaan yang bisa dilakukan.

Terdapat pengurangan jatah  BBM jenis Premium pasokan dari Terminal BBM Atapupu yang mana sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Sesuai informasi sopir tangki pengangkut, dari 7 SPBU di Atambua masing-masing hanya kebagian jatah 5.000 liter Premium, terhitung 3 kali pengisian dalam seminggu, dihari Senin Rabu dan Jumat.

"Palingan saat isi satu dua jam mobi tangky isi di SPBU kami antri ew untuk dapat bensin," cerita Yasintus.

Hal ini menjadi bagian penyebab BBM Premium stok terbatas habis terjual juga dimanfaatkan warga untuk sekedar mencari untung menjual eceran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00