Pohon Tumbang Menimpa Rumah Warga Di Desa Jenilu Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu, Timor Barat Perbatasan RI-RDTL.

Kondisi Rumah Yang Tertimpa Pohon Tumbang.
Tim BPBD Belu saat meninjau lokasi untuk melakukan Evakasi pohon yang Tumbang.

KBRN, Atambua : Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dua pekan terakhir di perbatasan atambua kabupaten belu mengakibatkan banyak pohon tumbang menutupi jalan dan menimpa rumah warga, seperti yang terjadi di Dusun Fahuluka Desa Jenilu Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu, wilayah Timor Barat Perbatasan RI-RDTL, pohon dengan ukuran yang sangat besar tumbang dan menimpa salah satu rumah warga beruntung kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa.

Ditemui RRI Senin (01/02/2021) pemilik rumah Valde Kalogo menuturkan, pada malam kejadian pohon tumbang dan menimpa rumahnya, hujan sangat deras beruntung dirinya bersama istri dan anak belum tidur sehingga pada saat kejadian langsung berlari keluar menyelamatkan diri. Dikatakan pohon yang tumbang tersebut berada di bagian belakang rumah sehingga menimpa bagian dapur dan sebagian kamar, dengan kurasakan cukup parah dari atap hingga ke plavon rumah karenya diharapkan adanya bantuan pemerintah.

“Pada saat kejadian posisi saya semenatara menonton Televisi, dan terdengar bunyi yang sangat keras, saya langsung berlari keluar bersama istri dan anak, karena rumah rusak, anak dan istri sementara dievakuasi ke rumah orang tua,”Ungkapnya.

Sementara Kepala Badan penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belu, Baltasar Bouk mengakui, dengan kejadian tersebut tim BPBD Kabupaten Belu langsung terjun ke lokasi untuk membantu mengevakuasi pohon tumbang tersebut dengan menggunakan alat sensor yang ada, untuk bantuan yang diberikan hanya berupa bantuan darurat untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat tertimpa pohon akan segara dibuatkan laporan untuk ditindak lanjuti pemerintah daerah. Dikatakan pohon yang tumbang memang sering terjadi pada saat musim hujan dan angin kencang seperi saat ini karenya masyarakat diminta selalu waspada.

“Kondisi saat ini angin dan hujan sangat deras karena itu banyak kejadian pohon tumbang, kami ada tim yang selalu siaga jika ada laporan dari masyarakat kami langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi,”Pungkasnya.

Pantauan RRI dilokasi kejadian pohon yang tumbang menimpa sebagian rumah warga langsung dilakukan evakuasi oleh tim siaga bencana BPBD Belu dengan motong batang pohon menggunakan alat sensor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00