FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Bertambah 7 kasus Positif Covid-19, TTU masuk Zona Merah

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kabupaten TTU, Kristoforus Ukat.jpg

KBRN, Kefamenanu: Tim gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Timor Tengah Utara provinsi Nusa Tenggara Timur, kembali merilis hasil sample swab yang dikirim ke laboratorium PCR RSUD Prof. W.Z. Yohanes Kupang.

Hasilnya, dari total 9 pasien yang diambil sample swabnya dan dikirim ke laboratorium PCR RSUD Prof. W.Z. Yohanes Kupang oleh tim gugus tugas penanganan covid-19 kabupaten TTU pada tanggal 6 januari 2021, 7 sample diantaranya terkonfirmasi Positif Covid-19, sedangkan 2 sample dinyatakan Negatif.

7 pasien yang terkonfirmasi Positif Covid-19 yakni, ECP (17) alamat Dalehi kecamatan Kota Kefamenanu, CNT (17) alamat kelurahan Sasi kecamatan Kota Kefamenanu, CPP (17) alamat Benpasi kecamatan Kota Kefamenanu (kontak erat dengan CNT), ACT (16) alamat Malaka (Pelaku Perjalanan dari Malaka), CMN (15) alamat Dalehi kecamatan Kota Kefamenanu, HH (39) alamat Kefamenanu (Pelaku Perjalanan dari Jakarta dan Kupang) serta ECU (16) alamat Manufui kecamatan Biboki Selatan.

Juru bicara tim gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Timor Tengah Utara, Kristoforus Ukat kepada RRI mengatakan, dengan bertambahnya 7 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, maka jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di TTU sampai dengan saat ini tercatat sudah 16 kasus, dengan rincian, 6 pasien sembuh sedangkan 10 pasien masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Rusunawa BTN Kefamenanu.

" hasil sample swab yang dikirim tanggal 06 Januari 2021, hasilnya diterima  tanggal 18 Januari 2021, jumlah  sampel yang dikirim sebanyak 9 sampel dan hasil pemeriksaan pada Laboratorium PCR RSUD Prof. W.Z. Yohanes Kupang adalah Negatif 2 orang sedangkan Positif  7 orang, " ungkap Juru Bicara Tim Gugus Penanganan Covid-19 kabupaten Timor Tengah Utara, Kristoforus Ukat kepada RRI, selasa (19/01/2021).

Kristoforus menjelaskan, 7 kasus Positif tersebut berasal dari klaster sekolah, perbankkan serta perkantoran dan dengan bertambahnya 7 kasus Positif Covid-19 tersebut, lanjutnya,  maka TTU saat ini masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19.

" 7 pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 tersebut saat ini sementara berada di Rusunawa dan akan segera dilakukan pengambilan swab ke 2 dikarenakan nilai rujukannya masih dibawah standar, sedangkan orang-orang yg kontak dengan ke-7 pasien itu, telah diperiksa rapid antigen dan beberapa hasilnya negatif, sementara yang lain segera ditracking oleh petugas kesehatan di puskesmas masing-masing sesuai domisili, " terangnya.

Diakui Kristoforus, saat ini jumlah kasus positif covid-19 di kabupaten Timor Tengah Utara terus mengalami peningkatan, oleh karena itu ia juga meminta kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran covid-19.

" diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk lebih taat protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah, karena saat ini penambahan kasus di TTU cenderung meningkat, saat ini TTU berada di zona merah. "ungkapnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00